HARI IBU

Sejarah Perayaan Hari Ibu di Indonesia

tim | CNN Indonesia
Selasa, 22 Des 2020 14:05 WIB
Sudah jadi tradisi di Indonesia setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Perjalanan Hari Ibu melewati sejarah panjang sejak 92 tahun lalu. Sudah jadi tradisi di Indonesia setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Perjalanan Hari Ibu melewati sejarah panjang sejak 92 tahun lalu. (iStockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selamat Hari Ibu!

Sudah jadi tradisi di Indonesia setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Perjalanan Hari Ibu melewati sejarah panjang sejak 92 tahun lalu.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia dimulai pada tahun 1928. Saat itu untuk pertama kalinya diadakan Kongres Perempuan Indonesia. Kongres ini digelar di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta pada 22-25 Desember.

Kongres ini terinspirasi dari semangat sumpah pemuda yang digelar dua bulan sebelumnya. Kaum perempuan yang semula bergerak sendiri-sendiri, bersatu menggelar kongres. Sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera menghadiri kongres ini.

Kongres ini menandakan pergerakan perjuangan perempuan pada pembangunan bangsa. Saat Kongres Perempuan Indonesia yang ketiga dihelat di Bandung pada 1938, diputuskan tanggal 22 Desember sebagai momen peringatan Hari Ibu.

Presiden Soekarno lalu menetapkan secara resmi tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu melalui Dekrit RI No 316 tahun 1953.

Sejak saat itu, Hari Ibu rutin diperingati di Indonesia. Setiap orang mengucapkan selamat dan terima kasih serta memberikan penghargaan untuk ibu.

Pemerintah melalui Kementerian PPPA juga menginisiasi peringatan Hari Ibu. Pada tahun ini, peringatan Hari Ibu yang bertepatan dengan pandemi Covid-19 mengangkat tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

"Melalui Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 ini, Saya berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun," kata Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER