Alasan Filosofis di Balik Pemilihan Jaket Biru Menteri

tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 11:31 WIB
Pada upacara pelantikan menteri baru diwarnai dengan kesan formal dan tak lagi memakai jaket biru menteri. Pada upacara pelantikan menteri baru diwarnai dengan kesan formal dan tak lagi memakai jaket biru menteri. (Muchlis - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pada upacara pelantikan menteri baru diwarnai dengan kesan formal dan tak lagi memakai jaket biru menteri. Lima menteri laki-laki kompak memakai jas hitam, berkemeja putih dan dasi merah. Mereka juga memakai peci hitam.

Sedangkan satu-satunya menteri perempuan baru yang terpilih, memakai busana serba merah. Dia memakai kebaya panjang berwarna merah, kain batik merah, dan jilbab merah.

Dresscode ini tentunya jauh berbeda dengan dresscode jaket biru menteri yang dipakai saat pengumuman kabinet Indonesia Maju periode lanjutan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (23/12).


Banyak orang yang bertanya apa alasan pemakaian jaket biru tersebut saat pengumuman reshuffle. Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media Bey Machmudin menyebut bahwa pemilihan jaket juga memiliki nilai filosofisnya sendiri.

"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah," ucapnya.

"Artinya setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apapun. Jadi maksudnya menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja."

Pemilihan warna biru pada jaket menteri tersebut juga dinilai bisa menyebarkan semangat.

"Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar, cerah, ceria, semangat."

Secara filosofis, biru sendiri kerap diidentikkan dengan warna air dan langit. Tak heran jika warna biru umumnya dapat memberikan nuansa yang tenang.

Biru juga digambarkan sebagai warna yang segar. Warna biru kerap diidentikkan dengan kedalaman, kepercayaan, kesetiaan, dan kebijaksanaan.

Biru juga digunakan secara luas untuk mewakili ketenangan dan tanggung jawab. Biru muda atau cerah bisa memberikan kesan menyegarkan dan ramah. Sementara biru yang lebih tua memberikan kesan kuat dan dapat diandalkan.

Secara umum jaket biru menteri tersebut diharapkan bisa menggambarkan tanggung jawab yang diembannya. 

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK