Arti Warna Merah Seperti yang Dikenakan Risma saat Pelantikan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 10:42 WIB
Tri Rismaharini (Risma) resmi dilantik menjadi Menteri Sosial pada hari ini, Rabu (23/12). Perempuan yang akrab disapa Risma ini mengenakan busana serba merah. Tri Rismaharini (Risma) resmi dilantik menjadi Menteri Sosial pada hari ini, Rabu (23/12). Perempuan yang akrab disapa Risma ini mengenakan busana serba merah. (Tangkapan Layar youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tri Rismaharini (Risma) resmi dilantik menjadi Menteri Sosial pada hari ini, Rabu (23/12). Perempuan yang akrab disapa Risma ini mengenakan busana serba merah.

Risma memakai kebaya panjang. Kebaya itu dikombinasikan dengan kain merah serta jilbab yang juga berwarna merah. Risma juga memakai masker dan face shield sebagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Warna merah yang dikenakan Risma bisa diidentikkan dengan warna bendera Indonesia.




Selain itu, warna merah secara psikologis juga memiliki makna dan pesan yang kuat.

Dikutip dari Colorbux, merah adalah satu dari dua warna yang paling cerah di alam dan di roda warna. Sejak ratusan tahun lalu di berbagai budaya, warna merah merupakan atribut daya tarik. Warna merah yang cerah dan mencolok membuatnya mampu menarik perhatian siapa saja yang melihat.

Berdasarkan nilai atau chroma merah, warna ini dapat memiliki arti yang berbeda. Begitu pula berdasarkan situasi dan konteks saat menggunakan baju berwarna merah tersebut.

Merah bisa diartikan sebagai gairah, tapi di sisi lain juga bisa berarti marah. Merah juga bisa melambangkan keberuntungan, tapi juga bisa menandakan tibu daya.

Dikutip dari About Colors, warna merah juga membuat penggunanya percaya diri dan lebih keras. Artinya, tak ada negosiasi maupun konfrontasi.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK