Dokter Jelaskan Penyebab Ruam Kulit Dewi Perssik saat Covid

CNN Indonesia | Jumat, 25/12/2020 12:33 WIB
Dokter Paru Erlang Samoedro menjelaskan penyebab ruam kulit Dewi Perssik saat covid biasanya terjadi karena pasien memiliki alergi. Pedangdut Dewi Perssik sempat mengalami ruam merah saat positif covid-19. (Foto: CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi dangdut Dewi Murya Agung alias Dewi Perssik sempat mengalami ruam kemerahan pada sekujur tubuh dan wajahnya setelah dinyatakan positif virus corona (covid-19).

Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlang Samoedro membenarkan ruam seperti yang dialami Dewi bisa terjadi pada pasien yang terpapar virus corona. Namun ini sangat jarang terjadi.

"Tidak umum terjadi, akan tetapi ada beberapa kasus dapat timbul terutama pada orang yang sensitif," kata Erlang kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/12).


Ia mengaku sempat menangani beberapa pasien corona dengan ruam yang sama. Ruam itu terjadi umumnya karena pasien memiliki alergi kulit yang sensitif.

Menurut Erlang, kondisi seperti ini tidak tergolong berbahaya. Ruam juga akan menghilang sendirinya selepas pasien sembuh.

Ia menjelaskan, virus corona justru lebih berbahaya jika menyerang saluran pernapasan karena dapat menyebabkan pasien merasa sesak napas.

"Ruam terjadi karena inflamasi atau peradangan yang sistematik atau menyeluruh, jadi bisa juga terjadi pada kulit," jelasnya.

Erlang akan memberikan obat anti peradangan dan anti alergi kepada pasien yang mengalami gejala tersebut. Biasanya ruam akan mereda setelah diobati.

Sebelumnya, Dewi mengungkap pengalamannya terkena covid-19 melalui akun Instagram. Ia juga mengunggah foto dirinya mengalami ruam berwarna merah.

Dewi menyebut gejala bercak-bercak merah itu hanya dialami oleh sekitar 20 persen penderita virus corona. Ia menduga tertular virus karena kelelahan di tengah kegiatan yang padat.

Dewi pun menghentikan seluruh kegiatannya selama sebulan terakhir. Kini dirinya sudah sembuh dan dinyatakan negatif virus corona.

(fey/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK