Sering Dipeluk Bikin Anak Lebih Tangguh Terhadap Perundungan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 28/12/2020 09:25 WIB
Rasa aman dan nyaman dari pelukan orang tua membuat seorang anak jadi pribadi yang lebih tangguh dalam menghadapi perundungan. Ilustrasi. Rasa aman dan nyaman dari pelukan orang tua membuat seorang anak jadi pribadi yang lebih tangguh dalam menghadapi perundungan. (istockphoto/cokada)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelukan membuat seorang anak lebih tahan terhadap hal-hal negatif. Sering dipeluk disebut bakal membuat anak lebih tangguh menghadapi perundungan.

"Itu terjadi karena anak terlebih dahulu sudah mendapatkan rasa aman dan nyaman dari orang tuanya," ujar psikolog Wiene Dewi Toorisnawati, Minggu (27/12), melansir Antara.

Anan-anak yang terbiasa dipeluk orang tua, lanjut Wiene, akan menganggap perundungan sebagai hal yang biasa. Hal tersebut membuat mereka lebih siap ketika bergaul.


Artinya, anak-anak yang mendapatkan kekuatan pelukan menganggap perundungan bukan sebagai beban besar yang bisa mengakibatkan stres. "Jadi, dia merasa tidak diserang ketika di-bully," kata Wiene.

Selain itu, anak yang terbiasa dipeluk juga disebut bakal memiliki empati terhadap orang lain, lebih menghargai diri sendiri, dan tidak gampang stres. Pelukan juga membuat hubungan antara anak dan orang tua bisa lebih kuat.

Tak cuma itu, anak yang terbiasa mendapatkan pelukan orang tua juga disebut bakal memiliki kepribadian yang lebih matang. Dengan pelukan, anak juga akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan atau menyelesaikan masalah.

"Sebab anak sudah memiliki bekal aman dan nyaman dari kekuatan pelukan tadi," pungkas Wiene.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK