Cegah Covid-19, Lari di Tempat Umum Harus Jaga Jarak 10 Meter

Satgas Covid-19, CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 12:48 WIB
Melalui aturan Kementerian Kesehatan RI, masyarakat harus menjaga jarak saat berolahraga di tempat umum. Melalui aturan Kementerian Kesehatan RI, masyarakat harus menjaga jarak saat berolahraga di tempat umum. (Foto: morgueFile/fitwalk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perilaku menjaga jarak untuk menghindari penularan Covid-19 harus pula dipatuhi saat seseorang sedang berolahraga, salah satunya lari santai atau jogging.

Melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum, pemerintah memberi panduan jaga jarak saat berlari di tempat umum. Seseorang harus menjaga jarak setidaknya 10 meter dengan pelari di depan dan belakang.

Selain itu, Kepmen tersebut juga mengatur jarak yang harus dijaga dalam beberapa jenis olahraga, seperti berikut:


  • Olahraga di tempat / posisi sejajar = 2 meter
  • Jalan kaki = 5 meter (dengan orang di depan atau di belakang)
  • Berlari = 10 meter (dengan orang di depan atau di belakang)
  • Bersepeda = 20 meter (dengan orang di depan atau di belakang)

Seseorang sebetulnya dianjurkan untuk berolahraga di rumah saja. Namun, jika harus berolahraga di tempat umum, sebaiknya dilakukan sendiri. Jika memang ingin berkelompok, baiknya merupakan anggota keluarga dan tak lebih dari 5 orang.

Kepmen juga menyebut penggunaan masker saat olahraga dilakukan saat intensitas olahraga ringan sampai sedang, yang diukur dari masih bisa berbicara ketika melakukan olahraga tersebut.

Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan alat olahraga pribadi. Jika harus menggunakan alat olahraga bersama, seperti matras atau peralatan kardio, maka diimbau untuk melakukan disinfeksi pada alat tersebut sebelum dan sesudah pemakaian.

Kegiatan olahraga pada dasarnya disarankan untuk tidak mengesampingkan prilaku disiplin 3M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan sesering mungkin, dan memakai masker.

(fjr/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK