Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh 28-30 Desember 2020

tim, CNN Indonesia | Senin, 28/12/2020 21:30 WIB
Jelang akhir tahun, puasa ayyamul bidh jatuh pada 28-30 Desember 2020. Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh dan keutamaannya. Jelang akhir tahun, puasa ayyamul bidh jatuh pada 28-30 Desember 2020. Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh dan keutamaannya. ( iStockphoto/sguler)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang akhir tahun, puasa ayyamul bidh jatuh pada 28-30 Desember 2020.

Puasa Ayyamul Bidh 13 Jumadil Awal, Senin, 28 Desember, Puasa Ayyamul Bidh 14 Jumadil Awal, Selasa, 29 Desember, Puasa Ayyamul Bidh 15 Jumadil Awal, Rabu, 30 Desember.

Puasa ini juga dikenal dengan puasa putih. Pasalnya, bulan tampak terang benderang menuju purnama dan menyerupai warna putih pada pertengahan bulan.


Tata cara menjalankan puasa ayyamul bidh sama dengan puasa wajib dan puasa sunah lainnya.

Puasa dimulai dengan niat serta menahan haus, lapar, dan hawa nafsu sejak terbit fajar hingga matahari terbenam yang ditandai dengan azan Subuh dan azan Magrib. Hanya saja untuk puasa ini, seorang istri harus mendapatkan izin suami untuk menjalankan puasa.

Berikut niat puasa ayyamul bidh ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta'ala.

Niat puasa ayyamul bidh boleh dilakukan pagi hari dengan syarat belum makan atau minum dan melakukan hal-hal lain yang membatalkan.

Ayyamul Bidh juga dikenal dengan puasa putih karena pada tanggal 13,14, dan 15, bulan sedang terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih.

Ada pula pendapat dalam kitab Umdatul Qari'Syarhu Shahihil Bukhari yang menyebut Ayyamul Bidh berasal dari kisah Nabi Adam. Saat Adam turun ke Bumi, tubuhnya dalam keadaan gosong. Ketika melakukan puasa selama tiga hari, tubuhnya memutih.

Puasa ini Ayyamul Bidh ini memiliki keutamaan yaitu pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulannya.

Satu hari puasa dianggap seperti 10 hari puasa. Jika dilakukan tiga hari setiap bulannya, maka sama seperti berpuasa satu tahun penuh. Selain itu, ahli puasa juga akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK