Sandiaga Ungkap Empat Konsep Pariwisata untuk 2021

CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 19:59 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengungkap empat konsep wisata yang akan dikembangkan Kemenparekraf pada 2021. Pembalap sepeda melintasi Desa Batu Bulat pada Tour De Singkarak Etape Kelima, Tanah Datar, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksikan wisata di luar ruangan, wisata olahraga, wisata kesehatan dan medis, serta ekowisata akan menjadi "senjata" untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata Tanah Air pada 2021.

Dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, pada Selasa (29/12), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku optimis kalau empat konsep tersebut bisa kembali mendatangkan wisatawan, baik domestik dan mancanegara, setelah gerbang pariwisata Indonesia terbuka lebar.

"Sementara ini tergetnya masih menyasar wisatawan domestik. Untuk wisata olahraga, kita punya banyak destinasi untuk kegiatan lari, golf, open-water swimming, sampai sepeda. Untuk wisata olahraga ini kami akan menyusun MoU dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga," kata Sandi.


Menambahkan penjelasan soal wisata kesehatan dan medis, wakil Menparekraf, Angela Tanoesoedibjo mengatakan kalau konsep ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan.

"Isu kesehatan menjadi penting di masa pandemi ini. Dan wisata kesehatan dan medis memiliki banyak potensi. Kita juga bisa mempromosikan spa, herbal makanan, dan makanan organik," ujar Angela.

Pengembangan empat konsep tersebut juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Sandi untuk mengembangkan 5 Destinasi Super Prioritas, yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"5 Destinasi Super Prioritas diminta disiapkan Presiden Jokowi. Segalanya, dari infrastruktur sampai kuliner, sehingga membuka lapangan kerja seluasnya. Besok saya ke Danau Toba dan empat destinasi lainnya menyusul. Harapannya kita bisa memetakan untuk berbenah di 2021," kata Sandi.

Angela lanjut menambahkan kalau fokus pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas tak sampai melupakan pengembangan destinasi wisata yang lain.

"Fokus pengembangan ini tak melupakan destinasi lainnya. Kita juga membenahi yang lain, sehingga saat turis sudah siap berwisata, mereka bisa datang dengan nyaman," ujarnya.

Sepanjang 2020, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 4 juta orang, turun drastis 74,7 persen dari 2019 yang sejumlah 16,10 juta.

Sementara itu pergerakan wisatawan nusantara pada 2020 sebanyak 198 juta, turun 29,7 persen dari 2019 yang sejumlah 282 juta.

(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK