5 Ikan Paling Sehat Dimakan, Baik untuk Diet

tim, CNN Indonesia | Senin, 04/01/2021 06:03 WIB
Terdapat sejumlah jenis ikan yang baik untuk kesehatan otak, jantung, serta menu diet. Salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan juga sejumlah mineral. (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikan merupakan makanan sehat berprotein tinggi yang kerap dianjurkan sebagai bagian dalam menu harian. Terdapat sejumlah jenis ikan yang baik untuk kesehatan otak, jantung, serta menu diet.

Ikan yang dikonsumsi sebaiknya tak hanya mengandung protein saja, tapi juga sejumlah nutrisi penting.

Umumnya, ikan yang paling baik dikonsumsi ini mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mencegah peradangan dan melindungi organ tubuh.


American Heart Association merekomendasikan setiap orang untuk mengonsumsi ikan berlemak setidaknya 2 porsi dalam satu minggu.

Ikan-ikan ini mengandung protein yang tinggi sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diet. Ikan ini juga mudah didapatkan di pasaran.

Berikut 5 ikan yang paling sehat dimakan, sebagaimana dilansir Healthline.

1. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan juga sejumlah mineral. Sebuah studi menunjukkan asupan salmon baik untuk menjaga fungsi kognitif.

2. Kod

Ikan kod merupakan sumber fosfor, niacin, dan vitamin B-12. Setiap 3 ons ikan kod mengandung 20 gram protein. Ikan kod baik untuk pertumbuhan anak dan juga digunakan sebagai suplemen.

3. Ikan kembung

Ikan kembung atau dikenal juga dengan mackerel merupakan ikan berlemak yang sehat. Namun, hindari mengonsumsi jenis king mackerel karena mengandung merkuri yang tinggi.

4. Sarden

Sarden kaya akan vitamin dan mineral. Konsumsi ikan sarden baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah.

5. Tuna

Tak hanya punya rasa yang nikmat, ikat tuna kaya khasiat. Konsumsi ikan tuna dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan sistem reproduksi.

Namun, tidak semua jenis ikan baik dimakan. Selain ikan-ikan tersebut, hindari makan ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti hiu, king mackerel, dan tilefish. Kurangi pula konsumsi ikan asin karena tinggi akan garam.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK