5 Manfaat Sehat Makan Ikan Sarden

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 05:39 WIB
Ikan sarden kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Terdapat sejumlah manfaat makan ikan sarden. Ikan sarden kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Terdapat sejumlah manfaat makan ikan sarden. ( iStockphoto/Amarita)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikan sarden selama ini identik dengan sajian yang praktis dan tahan lama. Namun lebih dari itu, makan ikan sarden ternyata juga punya segudang manfaat.

Ikan sarden merupakan salah satu jenis ikan yang tidak mengandung merkuri yang tinggi dibandingkan jenis ikan lain. Ikan yang banyak dijadikan produk ikan kaleng ini juga mengandung lemak sehat yakni asam lemak omega-3.

Orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi ikan berlemak 2-3 porsi setiap minggunya.


Selain asam lemak omega-3, sarden kaya akan vitamin, kalsium, mineral dan protein. Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat makan ikan sarden.

1. Anti-peradangan

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi membuat ikan sarden memiliki sifat anti-peradangan. Sarden dapat membantu menyembuhkan radang di sel maupun organ tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah

Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin B-12 membantu menurunkan tekanan darah. Sarden juga memberikan perlindungan tambahan untuk jandung dan kardiovaskular.

3. Menjaga kesehatan tulang

Nutrisi vitamin D dan kalsium di dalam sarden merupakan kombinasi yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang. Sarden jadi pilihan sumber kalsium yang baik untuk orang yang alergi dengan susu ataupun intoleransi terhadap laktosa.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat ikan sarden lainnya adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan berbagai mineral seperti niacin, zat besi, kalium, magnesium, dan fosfor berperan penting dalam meningkatkan sistem imunitas.

5. Menurunkan berat badan

Sarden juga kaya akan protein yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme sehingga dapat memacu pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan beragam manfaat ikan sarden ini, masukkan sarden dalam menu harian Anda. Ikan sarden maupun ikan sarden kalengan dapat diolah menjadi berbagai menu makanan.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK