Kedelai Mahal, Netizen Lebih Suka Tempe Daripada Tahu

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jan 2021 09:17 WIB
Sama-sama berbahan kedelai, tempe dan tahu punya penggemarnya sendiri-sendiri. Anda tim tempe atau tim tahu? Sama-sama berbahan kedelai, tempe dan tahu punya penggemarnya sendiri-sendiri. Anda tim tempe atau tim tahu?(iStockphoto/alvarez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polemik harga kedelai yang melonjak tinggi membuat masyarakat gaduh karena harga tempe dan tahu juga ikut naik. Harga yang meroket ini juga membuat tempe dan tahu langka di pasaran sehingga sulit didapatkan.

Jika harus memilih, manakah yang lebih disukai antara tempe dan tahu?

CNNIndonesia.com mencoba mencari tahu mana yang lebih disukai netizen diantara dua makanan yang terbuat dari kedelai ini. Melalui media sosial Instagram, CNNIndonesia.com membuat poling dengan pertanyaan sebagai berikut:

Anda tim yang mana, pembaca #CNNIndonesia? Tim tempe atau tim tahu.

Lebih dari 2.400 netizen ikut serta dalam poling ini. Hasilnya, tim tempe sedikit lebih unggul dibandingkan tim tahu. Sebanyak 56 persen (1.363 orang) netizen memilih tim tempe. Dan 44 persen (1.055 orang) lainnya mengaku sebagai tim tahu.

Hasil ini menunjukkan tempe lebih disukai oleh netizen. Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang sudah mendarah daging sejak ratusan tahun lalu. Tempe dibuat dengan proses fermentasi kacang kedelai yang sudah dikuliti.

Tempe memang sulit dipisahkan bahkan sudah menjadi salah satu menu andalan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini disebut-sebut sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Berbagai catatan sejarah merujuk bahwa tempe sudah jadi panganan yang menemani keseharian sekaligus jadi bukti kecerdasan masyarakat Indonesia tempo dulu.

Ada banyak menu olahan tempe yang jadi makanan sehari-hari seperti tempe bacem, tempe orek, oseng tempe, dan tempe teri kacang.

Sedangkan tahu merupakan makanan yang berasal dari China. Tahu juga bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti tahu goreng, pepes tahu, dan tahu toge.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER