Ada Jembatan Meliuk Bak 'Roller Coaster' di Sungai Martapura

CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 14:50 WIB
Di atas Sungai Martapura, Banjarmasin Selatan, kini berdiri jembatan yang bentuknya melingkar mirip wahana permaianan roller coaster. Jembatan Antasan Pulau Bromo di Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan. (ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baru diresmikan pada Senin (4/1) namun kini jembatan "roller coaster" Antasan Pulau Bromo di Mantuil, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan, terpaksa harus ditutup sementara hingga Maret 2021.

Mengutip ANTARA pada Rabu (6/1), penutupan jembatan untuk kegiatan wisata dikarenakan membludaknya pengunjung yang dikhawatirkan dapat menciptakan klaster baru penularan virus Corona.

"Kita lebih mengutamakan fungsi jembatan untuk menghubungkan penduduk yang tinggal di Pulau Bromo ke Mantuil," kata Doyo Pudjadi, Ketua tim khusus pengelola kawasan Jembatan Antasan Pulau Bromo.


"Maka sampai bulan Maret jembatan di pintu utama akan kita tutup, dan akan dilakukan evaluasi setiap bulannya. Bahkan dari pintu masuk di Mantuil akan didirikan pos dan akan diberi pemberitahuan bahwa jembatan ditutup untuk kepentingan wisata," lanjutnya.

Jembatan Antasan Pulau Bromo berdesain gantung dengan lebar 2,15 meter dan panjang 100 meter di atas Sungai Martapura.

Jembatan yang mulai dibangun Juli 2020 tersebut memiliki tinggi sekitar 15 meter dari permukaan air sungai, hingga jalan naik dan turunnya dibuat berputar seperti lingkaran, mirip wahana permainan roller coaster.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengatakan, jembatan ini menjadi impian selama 20 tahun warga yang tinggal di Pulau Bromo untuk bisa merasakan infrastruktur jalan darat.

"Memang dampak ekonomi adanya jembatan ini luar biasa, sebab jadi destinasi wisata, walaupun subtansinya sebetulnya bukan untuk pariwisata, karena ini untuk warga pulau Bromo yang selama negara ini merdeka, tidak ada akses jalan darat ke wilayah mereka," ujarnya.

Dia meminta masyarakat merawat dan menjaga jembatan yang dibangun menggunakan APBD sekitar Rp40 miliar tersebut.

Kawasan di sekitar jembatan juga telah diresmikan sebagai kawasan ekowisata, yang disebut satu-satunya di Banjarmasin.

Namun perlu diingat, Jembatan Antasan Pulau Bromo adalah akses masyarakat, bukan objek wisata, hanya pemandangan jembatan dan fasilitas ruang terbuka hijaunya yang menjadi objek wisata.

(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK