8 Pertanyaan yang Harus Didiskusikan Sebelum Menikah

tim, CNN Indonesia | Minggu, 10/01/2021 15:14 WIB
Terlepas dari urusan pesta pernikahan, ada yang lebih penting yang perlu Anda diskusikan bersama pasangan sebelum menikah. Ilustrasi. Selain urusan pesta pernikahan, ada yang lebih penting yang perlu Anda diskusikan bersama pasangan sebelum menikah. (Pixabay/niekverlaan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Merencanakan pernikahan dapat membuat orang dalam keadaan bahagia tapi juga merasa linglung.

Kebanyakan lebih memikirkan tentang lokasi, gaun pernikahan, tamu undangan, bahkan penata rias impian.

Terlepas dari urusan pesta pernikahan, ada yang lebih penting yang perlu Anda diskusikan bersama pasangan sebelum menikah.


Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan kepada pasangan Anda sebelum menikahi mereka.

1. Berapa banyak waktu sendirian yang Anda butuhkan untuk bahagia?

Beberapa orang membutuhkan kontak terus-menerus dengan pasangan mereka dan yang lain membutuhkan sedikit lebih banyak kebebasan untuk mengejar hobi atau waktu mandiri dengan teman.

Memahami kebutuhan satu sama lain untuk waktu sendiri dan pasangan dapat membantu menghindari pertengkaran setelah bulan madu.

"Ini tentang harapan, kebutuhan, dan visi tentang bagaimana Anda berdua menghabiskan waktu Anda," jelas terapis pasangan dan keluarga Robert Taibbi dalam Psychology Today.

Anda mungkin ingin melakukan percakapan yang jujur tentang bagaimana Anda menghargai waktu sendirian dan waktu pasangan sebelum menikah.

2. Apakah ingin punya anak? Jika ya, kapan?

ilustrasi bayi tidurIlustrasi bayi. (iStockphoto/Amax Photo)

Ini adalah sesuatu yang tidak akan dikompromikan oleh banyak orang.

Penting untuk mengetahui apakah pasangan Anda ingin memiliki anak atau tidak saat memikirkan masa depan - terutama karena ini berpotensi menjadi masalah yang mengakhiri hubungan.

"Sebagian besar hal dalam hubungan Anda dapat membuat kompromi, tapi ini bukan salah satunya," kata ahli hubungan Jenny Douglas kepada HuffPost Australia.

"Jika Anda tegas dalam posisi bahwa Anda tidak ingin memiliki anak atau tidak melihat diri Anda sebagai orang tua, itu adalah sesuatu yang tidak dapat didamaikan."

Jika Anda telah menetapkan bahwa Anda berdua ingin memiliki anak, penting juga untuk mengetahui jadwal pasangan Anda untuk mewujudkannya.

3. Bagaimana mengatasi masalah?

Pada saat Anda mempertimbangkan untuk menetap dengan seseorang, Anda mungkin tahu seberapa baik mereka dalam memecahkan jenis masalah yang mungkin Anda hadapi sebagai pasangan.

Namun, ada baiknya melakukan percakapan terbuka dan jujur tentang bagaimana kemampuan Anda bekerja sama dalam mengatasi masalah.

Peter Pearson, terapis pasangan dan salah satu pendiri Couples Institute, mengatakan kepada Business Insider bahwa mengetahui bagaimana pasangan Anda menghadapi rintangan hidup itu penting.

Pearson menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri dan pasangan Anda, "Apakah setiap orang menganggap satu sama lain cerdas? Apakah Anda pandai memecahkan masalah bersama?"

Apakah pasangan Anda menangani masalah secara langsung? Atau apakah mereka bergantung pada orang lain untuk memecahkan masalah mereka?

Anda mungkin ingin mengetahui gaya pemecahan masalah pasangan Anda sebelum berkomitmen seumur hidup bersama.

4. Berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk barang-barang mahal seperti mobil?

Jika Anda belum menikah, Anda dan pasangan mungkin membuat sebagian besar keputusan keuangan Anda sendiri.

Namun, bergantung pada pengaturan keuangan pasca-pernikahan Anda, bagaimanapun, mungkin penting untuk mengetahui berapa banyak uang tunai yang bersedia diberikan pasangan Anda untuk barang-barang mahal.

Anda mungkin memiliki visi yang tidak selaras untuk gaya hidup masa depan Anda - dan perselisihan finansial bisa sulit untuk dikelola dalam suatu hubungan.

Selain itu, penting untuk mendiskusikan bagaimana Anda berdua suka membelanjakan dan menganggarkan uang.

Ketika pasangan mengalami kesulitan dengan uang, itu dapat menyebabkan perselingkuhan finansial - pengeluaran yang tidak terkendali, berbohong, dan menyembunyikan keuangan - yang dapat menghancurkan hubungan," kata psikoterapis Dr. Tessina kepada Bustle.

8 Pertanyaan yang Harus Didiskusikan Sebelum Menikah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK