Memandangi Jepretan Favorit Astronaut NASA Sepanjang 2020

CNN Indonesia | Kamis, 07/01/2021 19:45 WIB
Ada banyak cara untuk memandangi keindahan luar angkasa. Salah satunya ialah menyimak video kompilasi yang dirilis NASA belum lama ini. Pemandangan Bumi dari luar angkasa. (iStockphoto/Abrill_)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dengan maksud ingin menghibur banyak orang yang sedang menjalani karantina mandiri atau yang gagal berwisata karena pembatasan perjalanan selama virus Corona, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis puluhan foto karya astronautnya yang dipotret sepanjang tahun lalu.

Sebanyak 20 foto tersebut dirilis dalam bentuk video kompilasi pada pekan ini.

Pengguna YouTube bisa menikmati puluhan pemandangan menakjubkan itu langsung dari layar telepon genggam atau komputernya.


"Pria dan wanita yang tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengambil ribuan foto planet Bumi, rumah mereka, setiap tahunnya. Dan kami meminta orang-orang di Earth Science and Remote Sensing Unit di Johnson Space Center NASA untuk mengirimkan beberapa foto favorit mereka dari 2020," tulis NASA dalam keterangan video YouTube tersebut.

Dan pemandangan luar angkasa tersebut tak direkam dengan teknik seadanya. Astronaut NASA ternyata juga telah dibekali pelatihan untuk merekam memori dengan kamera.

Seperti yang juga dijelaskan oleh NASA, pada tahun 2020, awak di stasiun luar angkasa telah menjadi "videografer dan subjek produksi realitas virtual yang dikenal sebagai The ISS Experience."

ISS Experience, tambahnya, menangkap kehidupan di ISS "untuk menciptakan pengalaman realitas maya sinematik."

Semuanya diambil dan diproduksi oleh ilmuwan/fotografer yang sudah berbakat.

Adapun 20 foto yang dipilih oleh NASA diambil menggunakan kamera Nikon D4 atau Nikon D5.

Para astronaut juga menggunakan sejumlah lensa berbeda demi mengambil perspektif yang unik.

Foto-foto tersebut termasuk pemandangan cantik dari perairan biru kristal di sekitar Kuba dan Bahama, juga tampilan detail warna musim gugur di Ottowa, Kanada.

Tak ketinggalan juga termasuk foto matahari terbit yang indah di atas langit Australia, serta keelokan kota Paris kala malam hari.

[Gambas:Youtube]



(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK