5 Cara Melawan Rasa Lelah yang Ganggu Aktivitas

tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 16:36 WIB
Timbulnya rasa lelah di tengah aktivitas kerap menggangu produktivitas. Berikut beberapa cara melawan lelah. Ilustrasi. Timbulnya rasa lelah di tengah aktivitas kerap menggangu produktivitas. (iStockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seringkali, menjalani satu aktivitas ke aktivitas lain menimbulkan rasa lelah dan kerap mengganggu. Rasa lelah harus segera diatasi agar tidak mengganggu kinerja dan produktivitas.

Rasa lelah bisa dilawan dengan membentuk rutinitas gaya hidup sehat. Berikut sejumlah cara melawan lelah yang dapat Anda lakukan.

1. Jeda sejenak

Saat rasa lelah muncul di tengah aktivitas, cobalah untuk mengambil rehat sejenak. Berhenti melakukan aktivitas dan alihkan pikiran untuk lebih tenang.


Setelah beberapa saat coba mulai kembali aktivitas.

2. Makan makanan sehat

Lelah bisa disebabkan karena kurang tenaga dan energi. Oleh karena itu cara yang tepat untuk mengatasinya adalah mengisi kembali energi dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Jika sudah waktunya makan berat, hentikan pekerjaan dan konsumsi makanan yang seimbang. Anda juga bisa mengganjal perut dengan makanan sehat seperti buah pisang, roti, atau cokelat.

3. Minum air lebih banyak

Dikutip dari Health Line, lelah juga bisa disebabkan karena kurang minum. Oleh karena itu, minum air putih lebih banyak untuk mengembalikan tenaga dan fokus.

4. Peregangan

Lelah juga dapat muncul karena otot yang kaku. Solusinya, lakukan peregangan ringan untuk mengaktifkan kembali otot dan sendi.

5. Tidur

Kelelahan dan kantuk muncul karena kurang tidur. Cobalah untuk tidur sebentar untuk mengembalikan energi dan fokus. Studi menunjukkan tidur siang 10-30 menit dapat membuat produktivitas meningkat.

Namun, terkadang tidak selalu mudah untuk menentukan dengan tepat alasan Anda merasa tidak bersemangat. Jika Anda merasa lelah terus-menerus atau karena alasan yang tidak kentara, buat janji bertemu dokter. Bisa jadi itu adalah tanda dari kondisi yang mendasarinya, terutama jika mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Tanda-tanda kelelahan juga bisa menjadi sesuatu yang lebih serius termasuk rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan, demam, dan sakit kepala.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK