Satya Paul, Desainer Pioner Sari India Modern Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 21:01 WIB
Perancang busana India Satya Paul meninggal dunia dalam usia 78 tahun. Berita duka ini disampaikan oleh keluarganya. Koleksi sari rancangan Satya Paul (AFP/DESHAKALYAN CHOWDHURY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perancang busana India Satya Paul meninggal dunia dalam usia 78 tahun. Berita duka ini disampaikan oleh keluarganya.

Mengutip AFP, Paul meninggal di ashram di kota selatan Coimbatore pada hari Rabu setelah menderita stroke bulan lalu, kata putranya Puneet Nanda.

Paul dikenal sebagai desainer yang menghidupkan sari khas India ke dunia dengan warna-warna yang bold dan cerah. Dia juga yang memodernisasi pakaian tradisional dengan motif yang ceria.


"Mereka yang pernah bersamanya akan mengingatnya sebagai orang yang menghujani orang lain dengan cintanya tanpa ragu atau hambatan apa pun," tulis Nanda di Facebook.

"Itu adalah bukti terbesar baginya karena dia pergi dengan gembira, tanpa rasa takut."

Paul lahir pada tanggal 2 Februari 1942, ia pertama kali menorehkan namanya di dunia ritel mode dengan peluncuran L'Affaire pada tahun 1980, butik sari pertama di India, sebelum mendirikan labelnya sendiri lima tahun kemudian.

Dalam dunia fashion India, terutama sari, desain perintisnya ini memadukan teknik handloom India dengan palet modern, menghasilkan sari yang dihiasi polkadot, cetakan zebra, dan motif abstrak.

Di antara desainer India lainnya, dia termasuk sosok yang tak biasa. Dia disebut sosok yang mempekerjakan desainer terkenal seperti Masaba Gupta dan Rajesh Pratap Singh untuk menjadi direktur kreatif merek tersebut.

Gupta memimpin penghormatan kepada Paul, memujinya karena membuat label lokal "yang akan bertahan dalam ujian waktu.

"Sekolah mode - Harap perkenalkan calon desain muda India ke merek ini ... Kami dapat terinspirasi oleh kisah Chanel dan lainnya, tetapi kami harus mempelajari apa yang terjadi di tanah kami terlebih dahulu," katanya.

Desainer yang menjadi andalan selebriti Hollywood ini juga dikagumi karena kecerdasannya dalam berbisnis.

Pengusaha bio-farmasi Kiran Mazumdar-Shaw memujinya sebagai "seorang desainer ikonik yang merupakan pelopor dalam dunia mode."

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK