Daftar Maskapai Teraman di Dunia 2021 Versi AirlineRatings

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 13:08 WIB
Qantas kembali menempati peringkat teratas dalam daftar maskapai penerbangan teraman di dunia pada tahun ini. Maskapai penerbangan Qantas, yang dua tahun berturut-turut menduduki peringkat teratas dalam daftar maskapai teraman di dunia. (AFP Photo/Peter Parks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Qantas kembali menempati peringkat teratas dalam daftar maskapai penerbangan teraman di dunia pada tahun ini versi AirlineRatings.com, satu-satunya situs web peringkat keselamatan, produk, dan COVID-19 di dunia.

Pada awal bulan ini, AirlineRatings telah mengumumkan 20 maskapai dan 10 maskapai berbiaya rendah teraman di dunia untuk tahun 2021 dari 385 maskapai yang dipantau.

Dalam melakukan penilaian terhadap maskapai penerbangan teraman di dunia, AirlineRatings memperhitungkan berbagai faktor yang meliputi: jumlah kecelakaan maskapai penerbangan dan catatan insiden serius, audit dari badan pengatur dan industri penerbangan, audit pemerintah, inisiatif keselamatan terdepan di industri, dan usia armada.


Mengenai Qantas sebagai maskapai penerbangan teraman di dunia pada tahun 2021, editor AirlineRatings.com mencatat bahwa selama 100 tahun sejarahnya, maskapai penerbangan tertua di dunia itu telah mengumpulkan rekor yang benar-benar luar biasa dalam hal pengoperasian dan keselamatan.

Maskapai penerbangan Australia itu juga telah menjadi pemimpin dalam pengembangan Future Air Navigation System (Sistem Navigasi Udara Masa Depan); pemantauan waktu nyata dari mesinnya di seluruh armadanya, perekam data penerbangan untuk memantau pesawat dan kinerja awak; pendaratan otomatis menggunakan Global Navigation Satellite System (Sistem Satelit Navigasi Global) serta pendekatan presisi di sekitar pegunungan di awan menggunakan RNP.

Qantas juga menjadi maskapai yang sejak awal memperkenalkan 16 peningkatan keselamatan utama yang diperkenalkan dalam 60 tahun terakhir.

Menurut Pemimpin Redaksi AirlineRatings Geoffrey Thomas, puluhan maskapai penerbangan yang masuk daftar teraman di dunia ini berada di garis depan dalam hal inovasi keselamatan dan layanan.

"Semua maskapai mengalami insiden setiap hari dan banyak masalah soal manufaktur pesawat, bukan masalah operasional maskapai," ujarnya.

"Cara awak pesawat menangani insiden ialah yang menentukan maskapai yang baik dari yang tidak aman."

AirlineRatings diluncurkan pada Juni 2013 dan menilai keamanan dan produk dalam penerbangan dari 385 maskapai penerbangan menggunakan sistem peringkat bintang tujuh yang unik.

Daftar ini telah digunakan oleh jutaan penumpang dari 195 negara dan telah menjadi standar industri untuk keselamatan, produk dan peringkat COVID-19.

Berikut daftar lengkap maskapai teraman di dunia 2021 versi AirlineRatings.com:

Daftar Maskapai Teraman di Dunia 2021 Versi AirlineRatings

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK