7 Cara agar Seks Tak Sekadar Rutinitas Membosankan

tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 23:32 WIB
Ada pula sebagian yang merasa bosan karena seks seolah rutinitas dengan posisi itu-itu saja. Padahal seks bisa jadi topik obrolan ringan dengan pasangan Ada pula sebagian yang merasa bosan karena seks seolah rutinitas dengan posisi itu-itu saja. Padahal seks bisa jadi topik obrolan ringan dengan pasangan (iStockphoto/nd3000)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagaimana kehidupan seks Anda tahun lalu? Ada sebagian dari pasangan yang merasakan seks lebih hebat karena waktu berdua lebih banyak.

Ada pula sebagian yang merasa bosan karena seks seolah rutinitas dengan urutan atau posisi itu-itu saja. Padahal seks bisa jadi topik obrolan ringan dengan pasangan tapi tidak semua orang percaya diri untuk bisa membicarakan seks.

"Sembari kita memulai tahun yang baru, saya mendorong Anda untuk menghabiskan waktu untuk kehidupan seks, bukan uang. Ini soal merasa terhubung dan berdaya lewat aktivitas seksual, bukan mendorong batasan secara konstan," ujar edukator seks sekaligus penulis, Ruby Rare mengutip dari Guardian.


Oleh karenanya, ia memberikan beberapa cara untuk 'menyuntikkan' keseruan pada kehidupan seks Anda.

1. Ciptakan suasana

Lingkungan atau suasana begitu mendukung aktivitas seksual. Buat sebagian besar orang mengartikan ini sebagai tempat yang nyaman dan aman, juga mengakomodir kebutuhan.

"Matikan ponsel Anda, coba untuk mengesampingkan stres sehari-hari dan jika ada sesuatu yang ada di pikiran Anda, akui itu pada pasangan, diri Anda sendiri. Komunikasi adalah kuncinya," jelas Rare.

2. Kembangkan rasa penasaran

Kualitas terbaik seks terletak pada rasa ingin tahu. Eksplorasi sentuhan dan ingat bahwa tiap sentuhan atau gerakan Anda harus luar biasa. Pengalaman seksual akan menyenangkan jika diisi dengan sentuhan yang konsensual dan hati-hati.

3. Posisi tak biasa

Buat pasangan yang sudah bersama dalam waktu lama, posisi seks akrobatik mungkin dirasa tidak memungkinkan lagi. Akibatnya, posisi hanya seputar missionary atau doggy style. Namun posisi-posisi klasik seperti ini tetap bisa dieksplorasi atau dikembangkan. Anda bisa menambahkan sex toys atau mencoba lokasi baru.

4. Seks bukan aktivitas sebelum tidur

Menilik pengalaman sehari-hari, seks seolah aktivitas wajib sebelum tidur. Rare berpendapat seks di penghujung hari bukan ide baik. Rasa lelah usai aktivitas seharian lalu berhubungan seks tentu tidak menyenangkan.

"Lakukan seks di sore hari jika memungkinkan, itu membuat segalanya menjadi santai dan memanjakan," imbuhnya.

5. Hindari mengejar orgasme

Orgasme bukan segalanya. Ini memang puncaknya kenikmatan seks, tapi seks tanpa orgasme bukan berarti seks Anda gagal. Memikirkan orgasme malah membuat Anda stres, terlalu pusing dengan apa yang seharusnya dilakukan dan tidak menikmati seks.

6. Solo sex itu penting

Solo sex alias masturbasi masih dianggap sesuatu yang tidak pantas dilakukan. Apalagi kalau sudah memiliki pasangan, aktivitas ini lebih dilihat sebagai aktivitas milik mereka yang masih lajang. Padahal masturbasi adalah ruang untuk memanjakan diri dan menjelajahi sensasi baru.

"Menginvestasikan waktu untuk mengeksplorasi ini sendiri adalah cara mengklaim hak pilihan atas kesenangan Anda. Plus, semua yang Anda pelajari dapat dikomunikasikan kepada kekasih untuk pasangan seks yang lebih baik," jelas Rare.

7. Libatkan pelumas

Seks dengan pelumas dianggap ketinggalan zaman, bahkan dianggap bermasalah. Penggunaan pelumas memastikan seks berlangsung aman dan minim cedera. Pelumas alami vagina tidak bisa terus-menerus diandalkan mengingat kadang foreplay kurang intens.

(els/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK