5 Alternatif Susu Bagi Intoleransi Laktosa saat Kedelai Mahal

tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 19:22 WIB
Saat harga kedelai mahal, terdapat sejumlah susu yang bisa menjadi pengganti susu kedelai bagi orang dengan intoleransi laktosa. Ilustrasi. terdapat sejumlah susu yang bisa menjadi pengganti susu kedelai bagi orang dengan intoleransi laktosa. (Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Susu kerap jadi pilihan utama pada orang yang sulit mencerna laktosa atau intoleransi laktosa. Namun, di saat harga kedelai mahal, para peminum susu kedelai dapat menggantinya dengan beberapa pilihan susu lain.

Pasalnya, terdapat sejumlah susu yang bisa menjadi alternatif pengganti susu kedelai bagi orang dengan intoleransi laktosa.

Orang dengan intoleransi laktosa tidak mampu mencerna laktosa yakni kandungan gula yang terdapat dalam produk susu hewani.


Oleh karena itu, orang dengan intoleransi laktosa direkomendasikan untuk mengonsumsi susu selain susu hewani.

Berikut 5 alternatif susu untuk intoleransi laktosa sebagai pengganti susu kedelai, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Susu almond

Susu almond merupakan susu yang terbuat dari cairan kacang almond. Susu ini punya rasa kacang yang kuat. Dalam satu gelas susu almond mengandung 30 kalori dan 1 gram protein.

2. Susu beras

Susu beras merupakan susu yang terbuat dari sari beras, biasanya beras cokelat. Susu ini punya rasa manis alami. Dalam setiap porsi susu ini mengandung 120 kalori dan 1 gram protein.

3. Susu mete

Susu ini dibuat dari kacang mete yang sudah dipanggang. Susu mete punya rasa kacang yang kuat dan sedikit pedas. Susu mete kaya akan kalsium dibandingkan produk susu hewani lain.

4. Susu hazelnut

Produk kacang lainnya yang bisa jadi susu alternatif adalah hazelnut. Kacang hazel ini akan memberikan rasa susu yang kaya.

5. Susu oat

Susu oat adalah susu yang terbuat dari gandum. Susu ini punya tekstur lembut dan lebih creamy. Susu gandum kaya akan gizi.

Anda dapat memilih alternatif susu yang bebas laktosa sesuai dengan selera.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK