7 Tanaman Hias Terbaik untuk Akuarium Ikan Cupang

Tim, CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 15:10 WIB
Berikut rekomendasi tanaman untuk akuarium cupang yang dapat memberikan tampilan alami sekaligus mengesankan pada akuarium Anda. Berikut rekomendasi tanaman untuk akuarium cupang yang dapat memberikan tampilan alami sekaligus mengesankan pada akuarium Anda.
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikan cupang membutuhkan tanaman di akuariumnya agar nyaman seperti tinggal di habitat aslinya. Selain itu, keberadaan tanaman hias juga berfungsi sebagai tempat persembunyian dan istirahat ikan cupang.

Bagi pemula, memilih tanaman hias mungkin dianggap sulit karena membutuhkan perawatan tambahan dan lebih memilih menggunakan tanaman palsu.

Tanaman hias hidup memberikan oksigen dan menjaga kualitas air yang baik untuk ekosistem akuarium, hal yang tentu tidak dapat dilakukan tanaman hias palsu.


Tanaman hias hidup juga memberikan kesenangan pada ikan cupang. Ikan cupang akan merasa lebih bebas dengan menjelajah sela-sela tanaman hias yang anda tanam.

Selain itu tanaman hias hidup , pada akuarium anda. Berikut rekomendasi tanaman hias terbaik untuk akuarium ikan cupang, melansir berbagai sumber.

1. Marimo Moss Ball

The Marimo Moss Ball is a beautiful spherical algae ball, originating in Japan. Origin from lake Akan.Foto: iStockphoto/helovi
Tanaman untuk aquarium cupang adalah Marimo Moss Ball yang merupakan spesies lumut.

Marimo moss ball merupakan tanaman hias hidup yang paling banyak digemari para pegiat ikan hias. Tanaman ini merupakan spesies lumut berbentuk bola dengan ukuran kurang lebih 5 cm.

Meski berasal dari spesies lumut, pemula tak perlu khawatir air akuarium akan berubah kusam. Marimo tidak akan rontok menyebar atau mengubah air akuarium anda berubah menjadi hijau.

Marimo pun berbeda dengan lumut pada umumnya. Keunggulan dari bola marimo adalah mampu menyerap polutan, memproduksi oksigen, dan mencegah pertumbuhan alga.

Marimo juga tanaman hias hidup favorit bagi ikan cupang, udang kecil, dan spesies ikan hias lainnya untuk bermain dan bersembunyi. 

Pada awalnya, marimo akan mengapung, setelah terisi dengan air secara perlahan akan tenggelam pada dasar akuarium.

Perawatannya pun terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan banyak cahaya. Anda cukup mengeluarkan dari akuarium dan meremasnya dengan lembut jika Marimo mulai tampak kotor berwarna kecoklatan.

Temperatur ideal untuk Marimo adalah 22 hingga 25 derajat celcius, dengan pH air berkisar 6 hingga 8. Marimo juga mempunyai masa hidup yang cukup lama dibanding tanaman hias lainnya.

2. Pakis Jawa (Java Fern)

Aquascape pakis lidahFoto: iStockphoto/cynoclub
Pakis jawa atau dikenal sebagai pakis lidah dapat menjadi tanaman untuk aquarium cupang

Java fern atau pakis jawa merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara. Java fern termasuk tanaman hias yang mudah tumbuh dan dapat tumbuh cukup tinggi dan lebar.

Melansir Tropical Fish Care Guide, pegiat ikan hias lebih menyarankan menggunakan tanaman ini untuk akuarium besar atau berkapasitas 30 hingga 50 liter.

Keunggulan java fern adalah tidak memerlukan pencahayaan khusus, pupuk, kerikil, atau pasir untuk tumbuh. Java fern biasanya menempel pada kayu apung atau ornamen batu.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula adalah menanam java fern pada substrat akuarium. Hal tersebut akan dapat membunuh java fern.

Memasang java fern pun juga cukup mudah, pasang menggunakan benang, tali pancing, atau kabel tis untuk menempelkan pada kayu atau ornamen.

Untuk dapat tumbuh, java tern menyukai cahaya tingkat rendah. Artinya anda tidak perlu memberinya pencahayaan khusus dengan LED dan lebih hemat anggaran.

Kisaran pH yang dibutuhkan java fern pun hampir sama dengan kondisi ideal untuk ikan cupang.

Ada empat varietas jenis utama dari java fern, yaitu narrow leaf, needle leaf, windolov, dan lance leaf. Perawatan java fern juga terbilang cukup mudah.

Anda hanya perlu memangkas daun yang berubah warna setiap minggunya.

3. Anubias Nana / Anubias Barteri

[Gambas:Instagram]

Anubias nana adalah salah satu varietas dari spesies Anubias barteri. Anubias nana menjadi satu di antara sekian banyak tanaman favorit yang dianjurkan para pegiat ikan hias, sehingga layak masuk dalam tanaman untuk akuarium ikan cupang.

Tumbuhan air tawar asal Afrika ini dapat tumbuh dengan kondisi daun terendam penuh atau terendam sebagian.

Anubias nana dapat tumbuh dengan ketinggian maksimal 17 cm, memiliki daun yang cukup besar dan tebal. Daun ini yang digunakan ikan cupang untuk bermain, bersembunyi, dan beristirahat.

Pertumbuhan Anubias nana tergolong lambat, kuat, namun tahan lama. Anubias juga mampu berkembang dalam kondisi air yang bervariasi dan minim cahaya.

Dalam banyak ulasan, Anubias nana cocok ditanam pada akuarium dengan kapasitas 30 hingga 50 liter.

Sama seperti java fern, alasan Anubias nana begitu digemari adalah daya tahan dan perawatan yang mudah. Cocok bagi pemula yang ingin memberi kenyamanan pada ikan cupang.

Anubias nana memiliki batang yang cukup tebal dan tumbuh dengan menempel pada kayu apung, batu, atau ornamen akuarium lainnya.

Jangan mencoba mengubur tanaman pada substrat atau kerikil karena akan menyebabkan terjadinya pembusukan akar yang berujung pada matinya tanaman.

Kekurangannya adalah karena daunnya yang tebal, membuat Anubias nana berpotensi menjadi sarang pertumbuhan alga.

Untuk meminimalkan ancaman alga, tempatkan Anubias nana pada area aliran air atau di bawah naungan tanaman yang lebih besar. Anda bisa meletakkan tanaman Anacharis untuk mencegah pertumbuhan alga.

7 Tanaman Hias Terbaik untuk Aquarium Ikan Cupang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK