Bacaan Zikir dalam Perjalanan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 20:10 WIB
Berzikir dalam perjalanan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga menghindarkan dari berbagai bencana dan musibah. Ilustrasi. Berzikir dalam perjalanan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga menghindarkan dari berbagai bencana dan musibah. (iStockphoto./nazar_ab)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kala akan bepergian atau melakukan sesuatu, ada baiknya memulai itu dengan membaca doa agar dilancarkan segala sesuatunya.

Selain itu, umat Islam juga disunahkan untuk berzikir dalam berbagai situasi termasuk dalam perjalanan. Berzikir dalam perjalanan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga menghindarkan dari berbagai bencana dan musibah.

Berbagai zikir dan kalimat-kalimat yang baik untuk Allah SWT dapat diamalkan dalam perjalanan. Berikut beberapa bacaan zikir yang bisa diamalkan dalam perjalanan baik di darat, udara, maupun laut.



Allah memerintahkan setiap umatnya untuk mengucapkan zikir sesuai dengan surat Az-Zukhruf ayat 13.

"Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan agar kamu mengucapkan, "Maha-suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya," terjemahan surat Az-Zukhruf ayat 13.

Berikut bacaan zikir sesuai dengan firman Allah dalam surat Az-Zukhruf ayat 13.


سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَۙ

Sub-haanallażii sakhkhara lanaa haażaa wa maa kunnaa lahụ muqriniin

Artinya: Maha-suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Zikir kemudian dapat dilanjutkan dengan membaca kalimat tayyibah seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar, Laa ilaaha illallaah.

Selain itu zikir juga dapat divariasikan dengan membaca salawat untuk Nabi dan Rasul serta membaca ayat suci Alquran seperti ayat kursi dan surat-surat pendek.

Zikir dapat menambah pahala dan memberikan keselamatan dalam perjalanan serta di dunia dan di akhirat.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK