8 Mitos Kehamilan dari Yunani: Nenek Sihir sampai Petir Zeus

tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/01/2021 20:22 WIB
Mitos soal kehamilan ini bukan cuma ada di Indonesia tapi juga ada di negara lainnya, termasuk Yunani. Mitos soal kehamilan ini bukan cuma ada di Indonesia tapi juga ada di negara lainnya, termasuk Yunani. ( Istockphoto/ Srisakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi Anda yang sudah lama mendambakan buah hati, kehamilan adalah hal yang menyenangkan.

Namun tak dimungkiri, di tengah kebahagiaan masih ada banyak mitos kehamilan yang melingkupi. Ternyata mitos soal kehamilan ini bukan cuma ada di Indonesia tapi juga ada di negara lainnya, termasuk Yunani.

Berikut 8 mitos kehamilan yang dipercayai di Yunani.

1. Dilarang menggaruk

Jika wanita sedang hamil ngidam sesuatu, misalnya ingin makan buah strawberry lalu ia menggaruk bagian tubuhnya, maka mitos mengatakan bayi yang akan lahir nanti akan ada tanda lahir di tempat bekas garukan tersebut.


2. Dilarang berdiri di depan pintu rumah

"Orang Yunani percaya pada Dewa-Dewi sebagai Tuhan dan Dewa Zeus sebagai Bapak Semua Dewa. Jika ibu hamil berdiri di pintu, maka mitos menyebut dia akan tersambar petir yang dilemparkan oleh Zeus," kata Hartati Nurwidjaya, Penulis buku Culture Shock : Love and Shock yang menetap di Yunani sejak 2003 lalu.

3. Tidak boleh ada kucing di dalam rumah

Warga Yunani percaya bahwa kucing merupakan jelmaan nenek sihir.  Alhasil ketika ada kucing di dalam rumah, maka ada nenek sihir di dalam rumah tersebut di dekat ibu hamil.

4. Dilarang potong rambut selama hamil

"Konon kalau si ibu potong rambut, maka mitos kehamilan menyebut rambut bayi akan tipis," katanya.

5. Dilarang minum kopi

Mitos kehamilan selanjutnya menyebut bahwa ibu hamil dilarang minum kopi. Hal ini dikhawatirkan bayi yang lahir nanti kulitnya hitam pekat seperti kopi.

6. Ibu hamil harus tidur di bagian sebelah kanan 

Mitos ini berakar dari kisah mitologi zaman dulu dan berkaitan dengan warna kulit. Jika ibu hamil tidur di sebelah kanan, maka bayi yang lahir akan berkulit putih. Sedangkan jika tidur di sebelah kiri, bayi yang lahir kulitnya akan berwarna hitam.

Pregnant woman sitting in childbearing centerFoto: Istockphoto/ Shironosov
ilustrasi ibu hamil

7. Dilarang minum soda

Ibu hamil disebut bakal melahirkan bayi yang tuli karena bunyi soda yang diminum selama hamil.

8. Dilarang buka kado sebelum melahirkan

Dalam budaya Yunani diyakini bahwa membeli, menerima, atau membuka hadiah bayi sebelum bayi lahir akan menarik roh jahat atau membawa kemalangan. Tak cuma itu, mitos kehamilan Yunani ini bahkan menyebut ibu hamil bakal keguguran jika melanggarnya.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELANJUTNYA

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK