5 Ritual Malam agar BAB Lebih Lancar di Pagi Hari

tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/01/2021 19:36 WIB
Sebagian orang merasa lebih lega ketika sudah buang air besar di pagi hari. Namun, tak semuanya dengan mudah bisa melakukan itu, bagaimana menyiasatinya? Ilustrasi. Sebagian orang merasa lebih lega ketika sudah buang air besar di pagi hari. (iStockphoto/Demkat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Buang air besar (BAB) jadi salah satu ritual pagi sebagian orang. Perut bakal lebih nyaman seharian, minim kembung juga meningkatkan rasa percaya diri karena perut tidak 'menyembul'.

Namun sebagaimana dilansir Cleveland Clinic, Anda tidak wajib BAB tiap pagi. Normalnya, orang paling banyak BAB tiga kali dalam sehari dan paling sedikit tiga kali dalam seminggu.

Tiap orang punya pola berbeda. Selama Anda konsisten dengan pola yang sudah terbentuk, ini baik. Ahli gastroenterologi di Jefferson University Hospital, Philadelphia, Aaron Martin mengatakan bahwa Anda tidak perlu mengerahkan upaya khusus untuk BAB tiap pagi.


Akan tetapi, jika Anda ingin menjadikan BAB ritual di pagi hari, ada beberapa cara untuk mewujudkannya.

1. Minum air putih

"Satu fungsi utama usus besar adalah untuk membantu tubuh kembali menyerap air. Jika Anda ingin BAB, penting memastikan usus besar menemukan air yang cukup dan itu berarti Anda harus terhidrasi," jelas Martin, dikutip dari Livestrong.

Sebelum tidur, sebaiknya cukupi kebutuhan cairan. Namun tidak perlu terlalu banyak atau tidur akan terganggu karena terbangun untuk buang air kecil. Segelas air putih saat makan malam akan sangat membantu.

2. Sisipkan kacang-kacangan

Martin merekomendasikan asupan 20-30 gram serat per hari. Untuk makan malam, pastikan menu mengandung sepertiga dari jumlah ini.

Salah satu bahan pangan kaya serat adalah kacang-kacangan. Namun jika kesulitan memenuhi asupan serat, Anda bisa melengkapinya dengan konsumsi suplemen serat.

3. Jalan kaki setelah makan malam

Sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari. Khusus untuk mengupayakan BAB di pagi hari, sebaiknya lakukan aktivitas fisik misal jalan kaki usai makan malam.

Jalan kaki sekitar kompleks rumah atau paling mudah cukup di dalam rumah hingga area halaman. Namun tak ada salahnya olahraga selama 7-10 menit dibantu aplikasi olahraga atau yoga sederhana.

"Semakin Anda aktif, akan semakin baik. Jika Anda aktif paling tidak sekali per hari, ini karena meningkatkan motilitas (gerak) usus sehingga membantu BAB," jelas Martin.

4. Sarapan lebih pagi

Berikan waktu lebih di pagi hari untuk menikmati sarapan. Martin mengungkapkan aktivitas makan menstimulasi gerakan pada usus sehingga mendorong Anda untuk BAB.

Lebih dari itu, Anda bisa merasa lebih siap di pagi hari, tidak terburu-buru memulai hari.

5. Kopi atau teh?

Sebagian orang menganggap kopi jadi satu-satunya jalan untuk merangsang BAB. Kalau kasusnya begini, cukup siapkan alarm sehingga Anda punya cukup waktu untuk menyiapkan secangkir kopi favorit.

Jika Anda lebih menyukai kopi dingin, bisa juga menyiapkan cold brew semalam sebelumnya.

Di samping kopi, teh sebenarnya bisa Anda andalkan untuk urusan BAB.

Teh senna terbuat dari senna atau tanaman obat yang berasal dari Afrika Utara. Martin berkata, tanaman ini bisa menstimulasi usus dan berguna pula untuk konstipasi.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK