Kaya Omega-3, Ikan Kembung Bisa Gantikan Salmon

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 19 Jan 2021 14:24 WIB
Tak hanya salmon, ikan kembung juga mengandung asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 pada ikan kembung bahkan jauh lebih besar daripada salmon. Ilustrasi. Kandungan omega-3 pada ikan kembung bahkan jauh lebih besar daripada salmon. (iStockphoto/Vesnaandjic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makanan sehat kerap dikaitkan dengan harga mahal atau yang berasal dari bahan pangan impor. Padahal, pangan lokal pun menyediakan nilai gizi serupa, bahkan lebih tinggi.

Kebutuhan omega-3, misalnya, yang selalu diidentikkan dengan ikan salmon dengan harga menjulang. Padahal, faktanya omega-3 tak hanya terkandung di dalam salmon, tapi juga ikan jenis lainnya.

"Ternyata omega-3 bukan hanya di ikan salmon ya. Ternyata di ikan kembung pun itu tinggi omega-3-nya, sehingga tidak usah mahal-mahal kita buru ikan yang salmon, tapi bisa ikan kembung yang harganya murah dan terjangkau dan kualitas proteinnya sama dengan protein hewani yang lain," ujar Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan, dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu, mengutip dari laman resmi BNPB.


Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting untuk mencegah penyakit jantung dan merawat kesehatan jantung. Mengutip situs kesehatan WebMD, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk beberapa hal, seperti berikut:
- menurunkan tekanan darah
- memperlambat pembentukan plak pada arteri
- mengurangi risiko ritme jantung abnormal
- menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Menukil laman resmi Kementerian Kesehatan, ikan kembung dengan harga yang lebih terjangkau mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 1,5 kali lebih tinggi dari ikan salmon yang harganya lebih mahal.

Secara lebih rinci, dalam 100 gram ikan kembung terdiri dari 52 persen lemak dan 48 persen protein. Mengutip dari Fatsecret, ikan kembung mengandung 19,32 protein, 9,36 gram lemak total yang terdiri dari lemak jenuh (2,4 gram), lemak jenuh tak ganda (2,3 gram) dan lemak tak jenuh tunggal (3,2 gram), sodium 78 miligram, kalium 389 miligram, juga energi 167 kalori.

Sedangkan dalam 100 gram ikan salmon mengandung 38 persen lemak, 62 persen protein, dan 146 kalori. Kandungan lemak total pada ikan salmon sebanyak 5,93 gram yang terdiri dari lemak jenuh (1,26 gram), lemak tak jenuh ganda (1,99 gram) dan lemak tak jenuh ganda (2,13 gram).

Lemak tak jenuh menjadi salah satu jenis lemak yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 termasuk ke dalam kategori lemak tak jenuh ganda.

Coba saja Anda bandingkan besaran asam lemak tak jenuh ganda pada ikan kembung dan salmon. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, ikan kembung sudah mampu memberikan kandungan omega-3 yang lebih besar daripada salmon.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER