Kenali Ragam Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 19:30 WIB
Tak jarang sakit kepala begitu mengganggu bahkan menurunkan kualitas hidup, seperti di antaranya sakit kepala terus-menerus. Ilustrasi. Tak jarang sakit kepala begitu mengganggu bahkan menurunkan kualitas hidup, seperti di antaranya sakit kepala terus-menerus. (iStockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Buat sebagian orang, sakit kepala mungkin hanya masalah sepele. Namun tak jarang sakit kepala begitu mengganggu bahkan menurunkan kualitas hidup termasuk jenis sakit kepala terus-menerus.

Sakit kepala yang berlangsung lama disebut juga dengan sakit kepala kronis atau berkepanjangan.

Sakit kepala ini ditandai dengan rasa sakit yang berlangsung minimal 15 hari dalam sebulan. Kondisi ini umumnya akan terjadi selama tiga bulan berturut-turut.


Setidaknya ada jenis sakit kepala terus-menerus yang umum dikeluhkan.

1. Sakit kepala tegang kronis

Sakit kepala tegang kronis memiliki beberapa gejala seperti menyerang kedua sisi kepala, rasa sakit ringan hingga sedang, dan terasa menekan tapi tidak berdenyut. Umumnya, aktivitas fisik rutin tak memengaruhi sakit kepala ini. Pada beberapa kasus, orang mengalami nyeri pada bagian tengkorak.

Sakit kepala tegang sendiri biasanya dipicu stres. Namun, ketika terjadi dalam waktu lama atau kronis, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab yang mendasari.

2. Migrain kronis

Migrain kronis biasanya terjadi pada orang yang pernah mengalami migrain. Migrain tergolong kronis jika terjadi dalam 8 hari atau lebih dalam sebulan dan setidaknya berlangsung selama 3 bulan.

Gejala migrain kronis antara lain menyerang salah satu atau dua sisi kepala, ada sensasi berdenyut, rasa sakit sedang hingga parah, dan rasa sakit makin hebat saat melakukan aktivitas fisik. Saat terjadi terus-menerus, gejala migrain bisa diikuti dengan mual atau muntah juga sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Mengutip dari Healthline, migrain kronis belum dipahami dengan baik oleh dokter dan peneliti. Belum ada jawaban pasti, tetapi ada beberapa teori terkait penyebabnya seperti gangguan sistem saraf pusat, ketidakseimbangan kimiawi (hormon), riwayat kesehatan keluarga, dan kelainan vaskular atau berkaitan dengan pembuluh darah dari dan ke otak.

3. Sakit kepala yang baru timbul dan berlangsung dalam waktu lama

Dalam dunia medis, sakit kepala ini disebut new daily persistent headache (NDPH). Melansir dari laman American Migraine Foundation, nama NDPH menggambarkan ciri khas jenis sakit kepala ini.

- new (baru), sakit kepala berkembang pada orang yang tidak memiliki riwayat sakit kepala sebelumnya. Ciri penting NDPH, onset dapat diingat jelas oleh penderitanya termasuk tanggal atau momen sakit kepala dimulai.
- daily (setiap hari), sakit kepala bisa terjadi setiap hari.
- persistent (terus-menerus), rasa sakit timbul selama 3 hari lebih sejak kemunculannya.
- headache (sakit kepala), gejalanya lebih menyerupai migrain atau tipe sakit kepala tegang.

Baca dan kenali jenis sakit kepala terus-menerus lainnya di halaman berikutnya.

Kenali Ragam Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK