5 Cara Kenali Tanda Suhu Tubuh Tinggi Tanpa Termometer

tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 11:35 WIB
Tanpa termometer sekalipun, Anda tetap bisa mendeteksi suhu tubuh tinggi. Berikut beberapa cara mengenali tanda suhu tubuh tinggi tanpa termometer. Ilustrasi. Tanpa termometer sekalipun, Anda tetap bisa mendeteksi suhu tubuh tinggi. (iStockphoto/ Paul Bradbury)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanda suhu tubuh tinggi bisa menjadi sinyal untuk gejala penyakit tertentu, termasuk Covid-19 yang menunjukkan gejala demam. Demam timbul saat temperatur tubuh naik di atas 100,4 derajat Fahrenheit atau 38 derajat Celcius.

Termometer umumnya jadi alat sederhana untuk mengukur dan mengetahui suhu tubuh Anda. Namun, tanpa termometer sekalipun, Anda tetap bisa mendeteksi suhu tubuh tinggi.

Berikut beberapa cara mengenali tanda suhu tubuh tinggi tanpa termometer.


1. Cek suhu dengan punggung tangan

Saat merasakan tubuh mulai hangat, Anda pasti meminta anggota keluarga atau pasangan untuk mengecek suhu badan dengan meraba dahi. Sebaiknya, minta mereka untuk mengecek dengan punggung tangan, bukan telapak tangan.

"Periksa apakah terasa lebih hangat dari biasanya. Jangan gunakan telapak tangan, karena tidak sensitif terhadap perubahan suhu seperti punggung tangan," ujar Rebecca Lee, perawat sekaligus pendiri RemediesForMe, dikutip dari Bustle.

2. Pipi memerah

Tidak ada termometer? Tanda suhu tubuh tinggi bisa tampak dari kondisi pipi. Lee berkata saat suhu tubuh tinggi, pipi seseorang akan lebih merah dari biasanya.

Petugas kesehatan dari Beverly Hills, Ehsan Ali menambahkan bahwa tanda suhu tubuh tinggi tidak hanya terasa di dahi tetapi juga seluruh tubuh. Kemerahan pada pipi biasanya tanda yang paling mudah 'dibaca' tanpa harus menyentuh.

3. Tubuh terasa sakit dan lemas

Tubuh terasa sakit dan lemas umum terjadi pada mereka yang mengalami suhu tubuh tinggi. Anda mudah lemas padahal hanya melakukan aktivitas yang ringan.

"Kelelahan dan kelesuan adalah dua gejala klasik (demam). Ini dapat membantu Anda mengetahui apakah suhu tubuh Anda semakin tinggi," kata Caleb Backe, ahli kesehatan dan kesejahteraan di Maple Holistics.

4. Kedinginan

Sebagian orang yang mengalami suhu tubuh tinggi dibarengi dengan tubuh menggigil kedinginan.

Dikutip dari Insider, suhu tubuh tinggi plus kedinginan terjadi karena tubuh mencoba menaikkan suhu untuk mengatasi penyebab demam.

Meski kedinginan, tubuh seseorang yang demam tetap terasa hangat.

5. Urine lebih kuning

Demam bisa mengakibatkan dehidrasi. Tubuh mengeluarkan banyak keringat sebagai upaya untuk menurunkan suhu. Ini akan sangat berbahaya jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup.

"Dengan demam tinggi, kita bisa kehilangan banyak cairan lewat keringat," kata Jordana Haber, petugas kesehatan di Las Vegas, dikutip dari Insider.

Untuk mengecek kondisi dehidrasi, Anda bisa melihat kondisi urine. Lee berkata jika urine seseorang berwarna kuning tua dan bukan kuning pucat, berarti perlu lebih banyak asupan cairan. Di samping itu, tanda suhu tubuh tinggi juga bisa dikenali dengan kondisi kekeringan pada mulut.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK