5 Cara Eksfoliasi Bibir yang Aman

tim, CNN Indonesia | Senin, 01/02/2021 12:50 WIB
Eksfoliasi bibir memberikan banyak manfaat seperti membuat bibir lebih segar dan lembut. Berikut 5 cara eksfoliasi bibir yang aman. Ilustrasi. Eksfoliasi bibir memberikan banyak manfaat seperti membuat bibir lebih segar dan lembut. (iStockphoto/Dutko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Eksfoliasi tidak hanya berlaku buat wajah dan badan tetapi juga bibir. Eksfoliasi bibir akan memberikan banyak manfaat. Bibir akan lebih segar, lembut dan aplikasi lipstik akan lebih maksimal.

Akan tetapi, berbeda dengan kulit wajah, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak atau sebum. Ahli dermatologi, Ife J. Rodney menjelaskan bahwa saat lingkungan dingin dan kering, bibir akan mudah pecah-pecah.

"Saat saliva jadi pelembap bibir sementara, sebenarnya terlalu sering menjilat bibir bisa memperburuk kondisi keringnya," kata Rodney, dikutip dari Byrdie.


Karena permukaan kulit bibir cukup berbeda dengan kulit wajah, maka cara eksfoliasinya pun berbeda.

Berikut 5 cara eksfoliasi bibir yang aman.

1. Kondisi bibir bersih

Rodney berkata penting untuk memastikan bibir dalam kondisi bersih dan kering. Artinya, bibir bersih dari riasan termasuk lipstik atau lipgloss.

Bersihkan bibir terlebih dahulu dengan micellar water khusus bibir atau menggunakan cleansing oil untuk hasil lebih lembut. Cleansing oil pun ampuh membersihkan sisa lip cream atau produk sejenis.

2. Gosok dengan lembut

Produk eksfoliasi bibir bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Anda pun bisa membuat ramuan eksfoliasi sendiri menggunakan bahan-bahan di dapur seperti madu dan gula.

Setelah menggosok gigi, Anda pun bisa melanjutkan dengan menyikat bibir tapi dalam kondisi sikat gigi sudah bersih dari busa pasta gigi.

Rodney menyarankan untuk melakukan gerakan melingkar saat menggosok ramuan eksfoliasi.

"Pastikan tidak menggosok terlalu keras, karena bisa menimbulkan iritasi serta merusak kulit bibir," katanya.

3. Beri pelembap

Setelah eksfoliasi, berikan pelembap pada bibir misalnya lip balm untuk memberikan perlindungan ekstra.

Sebagaimana dilansir Skinkraft, pilih lipbalm dengan kandungan SPF sehingga melindungi dari paparan sinar ultra violet.

Tidak hanya setelah eksfoliasi, penggunaan lip balm dengan SPF sebaiknya dilakukan setiap hari. Langkah ini pun akan menghindari kemunculan bintik hitam pada kulit.

4. Hindari eksfoliasi saat bibir kering

Satu hal yang harus senantiasa Anda ingat adalah jangan sekali-kali mengeksfoliasi bibir kering atau pecah-pecah. Eksfoliasi akan membuat bibir merah dan iritasi.

Bibir kering cukup diberi hidrasi berupa lipbalm dan jaga hidrasi tubuh agar mulut tidak kering. Setelah kondisi bibir membaik, baru eksfoliasi bisa dilakukan.

5. Eksfoliasi saat malam

Sebaiknya masukkan rutinitas eksfoliasi bibir di malam hari. Saat malam, Anda memberikan kulit kesempatan untuk memperbaiki diri sekaligus beristirahat dari paparan polusi termasuk debu, asap dan sinar matahari.

Kemudian perhatikan frekuensi eksfoliasi. Anda memang akan mendapatkan bibir lebih cerah dan segar berkat rutinitas ini, tetapi jaga frekuensinya maksimal tiga kali seminggu.

(agn/els)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK