5 Makanan Kaya Zat Besi, Cegah Anemia

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 14:05 WIB
Kekurangan darah atau dikenal dengan anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan penambah darah atau makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Ilustrasi. Kekurangan darah atau dikenal dengan anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan penambah darah. (Istockphoto/Wiktory)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kekurangan darah atau dikenal dengan anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan zat besi atau penambah darah. Berikut sejumlah makanan penambah darah atau yang kaya akan zat besi.

Anemia adalah keadaan yang terjadi saat konsentrasi hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah kurang dari seharusnya. Kondisi ini dapat membuat tubuh lemah, sulit berkonsentrasi, dan perlahan merusak seluruh organ tubuh.

"Mencegah dan mengatasi anemia bisa dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya zat besi," kata kata ahli kesehatan, Profesor Endang L Achadi dalam webinar mengenai anemia, beberapa waktu lalu.


Berikut daftar makanan zat besi atau penambah darah.

1. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi kaya akan zat besi yang akan membantu pembentukan sel darah merah. Konsumsi daging merah untuk menambah darah.

2. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam dan itik juga banyak mengandung zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

3. Ikan

Ikan juga mengandung zat yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 dalam ikan berperan penting dalam produksi sel darah merah.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale juga mengandung zat besi, walaupun sulit diserap oleh tubuh.

5. Wortel

Makanan kaya vitamin A seperti wortel juga membantu memproduksi sel darah merah sehingga baik dikonsumsi. Selain wortel, vitamin A dapat ditemukan pada ubi, semangka, melon.

Masukkan makanan zat besi atau penambah darah ini dalam menu harian Anda agar jumlah sel darah merah tetap terjaga.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK