Dua Maskapai UEA Uji Coba 'Paspor Kesehatan' untuk Turis

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 14:03 WIB
Dua maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah sedang melakukan uji coba paspor kesehatan untuk mendatangkan kembali turis mancanegara. Ilustrasi. (istimewa/Dok. Emirates)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah, Emirates dan Etihad, mengatakan pada Selasa (20/1) bahwa mereka akan menjadi perusahaan pertama yang menguji coba aplikasi verifikasi pra-perjalanan untuk tes dan vaksinasi virus corona.

Baik Emirates dan Etihad telah bermitra dengan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) untuk menjadi salah satu "maskapai penerbangan pertama" di dunia yang menguji IATA Travel Pass, kata kedua maskapai dalam pernyataan terpisah.

IATA mengatakan aplikasi telepon genggam itu akan memungkinkan penumpang untuk "membuat 'paspor digital' untuk memverifikasi tes pra-perjalanan mereka atau vaksinasi memenuhi persyaratan destinasi tujuan".


"Aplikasi itu juga dapat membagikan tes dan sertifikat vaksinasi dengan pihak berwenang dan maskapai penerbangan untuk memfasilitasi perjalanan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pada November, asosiasi tersebut memperingatkan bahwa "krisis Covid-19 mengancam kelangsungan industri transportasi udara", dengan 2020 kemungkinan akan tercatat dalam sejarah sebagai tahun "terburuk" yang pernah ada.

IATA juga mengatakan bahwa untuk memulihkan kondisi tersebut, pengujian virus yang sistematis diperlukan, dan mereka juga sedang mengembangkan aplikasi untuk membantu menjamin keaslian tes dan sertifikat vaksinasi.

Emirates mengatakan implementasi awal IATA Travel Pass di Dubai - tempat maskapai itu berbasis dan kawasan sebagian besar telah membuka kembali perbatasannya untuk turis mancanegara - diharapkan dimulai pada bulan April.

"Pelanggan Emirates yang bepergian dari Dubai akan dapat membagikan status uji Covid-19 mereka secara langsung dengan maskapai bahkan sebelum mencapai bandara melalui aplikasi, yang kemudian akan mengisi detail secara otomatis pada sistem check-in," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Etihad mengatakan inisiatif itu "awalnya akan diuji coba kepada penumpang Etihad pada penerbangan tertentu dari Abu Dhabi pada kuartal pertama 2021".

"Jika berhasil, IATA Travel Pass akan diberlakukan ke tujuan lain di jaringan Etihad," tambahnya.

UEA meluncurkan kampanye vaksinasi Covid-19 pada bulan Desember, dan pejabat kesehatan mengatakan telah menginokulasi lebih dari 1,8 juta dari sekitar 10 juta penduduknya.

Emirates pada hari Senin meluncurkan program vaksinasi untuk stafnya yang berbasis di UEA.

(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK