Kenali Penyebab Sirip Ikan Cupang Menjadi Putih

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 23/01/2021 22:05 WIB
Salah satu masalah saat memelihara ikan cupang adalah sirip berubah menjadi putih. Hal tersebut disebabkan sejumlah hal, termasuk salah cara merawat. Salah satu masalah saat memelihara ikan cupang adalah sirip berubah menjadi putih. Hal tersebut disebabkan sejumlah hal, termasuk salah cara merawat. (Foto: iStockphoto/pong6400)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu masalah saat memelihara ikan cupang atau betta fish adalah sirip ikan yang dapat memutih.

Artikel ini membahas penyebab mengapa sirip ikan cupang menjadi putih, dan bagaimana cara menanggulangi seperti dikutip Betta Care Fish Guide beriku.

Penyebab Sirip Ikan Cupang Menjadi Putih

Terdapat sejumlah penyebab sirip ikan cupang Anda menjadi putih atau warnanya memudar, cermati penyebab-penyebab berikut:


1. Infeksi bakteri kolumnaris

Kolumnaris ada infeksi bakteri yang dapat memunculkan bintik-bintik putih yang dapat mengembang pada ikan cupang. Selain bintik-bintik putih, sirip ikan akan terlihat berjumbai, terdapat borok, dan luka di tubuh mereka.

2. Ikan cupang terjangkit cacing jangkar

Selain terkena infeksi bakteri kolumnaris, sirip ikan cupang menjadi putih juga bisa jadi karena terjangkit cacing jangkar. Cacing jangkar adalah cacing kecil yang warnanya bervariasi tetapi seringkali berwarna putih.

Tanda lain ikan cupang menderita cacing jangkar adalah tubuhnya menjadi lesu, terus menggosok dan menggaruk sirip, terdapat borok, luka serta kesulitan bernapas. Untungnya, cacing jangkar sangat jarang ditemukan pada ikan akuarium.

Dua ikan cupang hias berada di dalam akuarium di Desa Kaliputu, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (1/10/2020). Berbagai jenis ikan Cupang hias dibudidayakan di tempat itu dan saat pandemi COVID-19 penjualan naik drastis dari rata-rata 15 ekor per hari menjadi 50 ekor per hari dengan harga jual Rp5 ribu hingga Rp3 juta per ekor. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.Sirip ikan menjadi putih merupakan salah satu masalah saat memelihara ikan cupang (Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO)

3. Ikan cupang dihinggapi parasit

Parasit Ichthyopthirius multifiliis yang dapat memunculkan bintik-bintik putih pada sirip ikan cupang. Selain bintik-bintik putih, ikan cupang tersebut juga akan mengalami gejala kurang nafsu makan, lesu, dan menggosok benda-benda di dalam akuarium.

4. Stres

Stres memang seringkali muncul tetapi jangan meremehkan seberapa besar pengaruhnya terhadap ikan cupang. Jika cupang Anda terlihat cukup pucat secara alami dan menjadi stres, mereka dapat dengan mudah mulai terlihat putih.

5. Pembusukan sirip (fin rot)

Penyebab sirip ikan cupang menjadi putih ialah kemungkinan ikan cupang Anda menderita pembusukan sirip. Pembusukan sirip akan semakin terlihat jika sirip nampak compang-camping atau rusak.

Jika tak segera ditangani, pembusukan sirip akan merambat dan bahkan membahayakan tubuh ikan cupang Anda.

6. Terkena infeksi jamur

Jika bagian tubuh ikan cupang memutih, maka kemungkinan besar mereka terkena infeksi jamur. Semua ikan akuarium lebih rentan terhadap infeksi jamur, dan spesies ikan cupang tidak terkecuali.

Faktanya, infeksi jamur adalah penyakit paling umum yang harus tangani di akuarium. Ikan yang terkena infeksi jamur umum akan memiliki bercak putih berbulu halus, terutama di bagian panggul dan kepala.

Beberapa ikan mungkin menjadi lesu, menjadi kurang aktif dari biasanya. Gejala umum infeksi jamur lainnya termasuk nafsu makan ikan cupang yang rendah, dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, perubahan warna dapat terjadi.

Anda harus ingat bahwa kedua gejala ini mungkin menunjukkan adanya banyak penyakit ikan lainnya. Oleh karena itu, jika tidak bersamaan dengan perubahan warna menjadi putih, sulit untuk mengklaim bahwa ikan cupang sedang mengalami infeksi jamur.

Aktivitas di Pameran dan Bazaar Cupang di Pasar Gembrong Baru Cipinang, Jatinegara, Jakarta, Sabtu, 31 Oktober 2020. Pameran dan bazaar yang berlangsung hingga 30 November 2020 itu menampilkan beragam jenis ikan cupang (Betta sp) dengan harga jual mulai Rp35 ribu hingga jutaan rupiah. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaSalah satu masalah pada cupang adalah siripnya menjadi putih. Pertahankan keindahan cupang dengan perawatan yang baik (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Cara Mengatasi Sirip Ikan Menjadi Putih

Untungnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan warna ikan cupang Anda. Namun, perlu diingat jika warnanya berubah secara alami, tidak ada yang dapat lakukan untuk mencegahnya.

1. Ubah kualitas air

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah bahwa Anda telah memasukkan ikan cupang ke dalam akuarium berukuran minimal lima galon.

Alasannya karena tangki besar lebih baik untuk mengubah parameter air. Cara termudah untuk memikirkan hal ini adalah bawa satu galon air akan menjadi lebih dingin daripada 10 galon air.

Setelah itu, pastikan akuarium Anda memiliki mekanisme filter dan pemanas. Keduanya diperlukan mengingat ikan cupang merupakan jenis ikan tropis.

what you looking at fish-o!? two bettas looking for a fightKualitas air mempengaruhi tingkat stres ikan dan kemungkinan siripnya menjadi putih. (Foto: istockphoto/CmErsoy)

Sebab, jika mereka dibiarkan di dalam semangkuk air maka mereka tidak dapat bertahan malahan ikan cupang Anda menjadi tidak sehat dan dapat menimbulkan stres.

Anda juga harus sering mengganti air ikan cupang. Misalnya, Anda memiliki akuarium yang dapat menampung 10 galon, artinya Anda cukup mengganti 30 persen air setiap dua minggu sekali.

Namun, jika tangki yang Anda miliki lebih kecil, Anda harus melakukan penggantian air sesering mungkin.

2. Berikan pakan yang cukup

Selain memastikan kualitas air yang baik, Anda juga harus memastikan memberi ikan cupang dengan pakan atau makanan yang dapat meningkatkan warnanya.

Ada beberapa pilihan makanan yang bisa menjadi pilihan Anda seperti ikan salmon dan daphnia. Salmon adalah salah satu makanan paling umum yang digunakan untuk memperbaiki warna ikan cupang.

Kandungan ikan salmon cukup kaya bagi cupang, meski begitu jangan terlalu sering memberikan ikan salmon kepada mereka, cukup beberapa kali per minggu.

Daphnia adalah pilihan bagus lainnya jika Anda ingin memberi lebih banyak warna pada cupang Anda. Bersama dengan jenis krustasea lainnya, daphnia merupakan sumber pigmen karotenoid yang bagus, yaitu pigmen yang dapat mempengaruhi warna cupang Anda.

Aktivitas di Pameran dan Bazaar Cupang di Pasar Gembrong Baru Cipinang, Jatinegara, Jakarta, Sabtu, 31 Oktober 2020. Pameran dan bazaar yang berlangsung hingga 30 November 2020 itu menampilkan beragam jenis ikan cupang (Betta sp) dengan harga jual mulai Rp35 ribu hingga jutaan rupiah. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaPakan menjadi salah satu faktor penting bagi kelangsungan hidup ikan cupang (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)

3. Jangan taruh banyak cupang dalam satu tempat

Jika tangki Anda cukup besar, jangan terlalu banyak menambahkan banyak ikan cupang. Ikan cupang Anda mungkin kehilangan warna karena stres, usia tua, cedera, dan penyakit.

Ikan cupang juga bisa kehilangan warna secara alami, terutama jika memiliki gen marmer. Jika cupang Anda berubah menjadi hitam, Anda tidak perlu terlalu khawatir, kecuali jika mereka menunjukkan tanda-tanda penyakit lain.

Mari kita rangkum dengan singkat penyebab sirip ikan cupang menjadi putih karena ada beberapa faktor seperti bakteri kolumnaris, cacing jangkar, parasit, stress, sirip yang membusuk, dan infeksi jamur.

Anda dapat meningkatkan warna cupang Anda dengan mengubah kualitas air menjadi lebih baik, memberi makan mereka yang dapat mempertahankan warna sirip mereka yang cerah, dan tidak terlalu banyak menaruh ikan cupang terlalu banyak di dalam akuarium Anda.

(din/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK