Doulos Phos, Kapal Pesiar yang Disulap Jadi Hotel di Bintan

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 15:42 WIB
Jika sudah bisa berwisata lagi, mungkin bermalam di kapal pesiar yang Kapal pesiar Doulos Phos yang ditambatkan di Bintan, Kepulauan Riau. (Tangkapan layar @doulosphos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak tempat penginapan di Bintan, Kepulauan Riau, mulai dari hotel mewah sampai vila elegan. Salah satu yang berkonsep unik ialah Doulos Phos The Ship Hotel, yakni kapal pesiar yang disulap menjadi hotel.

Doulos Phos The Ship Hotel mendapat sebutan sebagai hotel terapung yang pertama di Indonesia. Dalam kunjungan kerjanya ke Bintan pada akhir pekan kemarin, Menparekraf Sandiaga Uno sudah menyambanginya.

Kapal pesiar yang dijadikan bangunan hotel ini telah berusia 105 tahun, atau dua tahun lebih muda dari kapal Titanic. Pembuatannya berlokasi di Newport News Shipbuilding and Dry Dock Company, Amerika Serikat, pada 1914.


Berfungsi sebagai kapal penumpang kaum bangsawan sekaligus pembawa barang dagangan, Doulos Phos juga pernah bertugas mengantar bahan makanan dan obat-obatan pada Perang Dunia II.

Sejarah panjang kapal ini membuat nama Doulos Phos ditorehkan di Guinness World Records sebagai kapal penumpang tertua di dunia.

Saudagar asal Singapura lalu membeli kapal ini pada 2010. Karena satu dan lain hal, kapal akhirnya ditambatkan di Bandar Bentan Telani (BBT) di Bintan.

Bermalam di tengah fasilitas dan layanan kapal pesiar yang serba lengkap tentu saja menjadi sajian utamanya.

Namun, kapal pesiar tidak berlayar ke mana-mana, melainkan ditambatkan di perairan kawasan wisata eksklusif Lagoi.

Ada lima tipe kamar yang bisa dipilih di sini, mulai dari Deluxe sampai Master Mariner Suite. Tarif bermalamnya mulai dari Rp1,6 juta per malam untuk kamar tipe Deluxe. Ada 104 kamar dalam kapal pesiar ini.

hotel Doulos Phos di Bintan, Kepulauan RiauSuasana kamar. (Tangkapan layar web doulosphos.com)

Interior di tiap kamarnya kental dengan nuansa kayu kecoklatan dan semburan biru pada perabotannya. Fasilitas di dalamnya juga sudah selengkap kamar hotel di darat.

Luas amar tipe Master Mariner Suite terbilang lebih besar dan fasilitasnya juga lebih lengkap.

Selain berleha-leha di kamar, tamu juga bisa menikmati beragam fasilitas bersama di setiap sudut kapal pesiar, mulai dari restoran, kolam renang, bar, sampai tempat spa.

Berfoto ala Jack dan Rose dalam film Titanic tentu saja bisa. Kabarnya juga ada museum yang memajang kompas berusia satu abad di sini.

Sayangnya sejak pandemi virus Corona melanda, Doulos Phos The Ship Hotel masih menunda operasinya. Pembukaan kembali hotel bisa diketahui melalui situs resminya di sini.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK