Neelakurinji, Bunga Langka yang Mekar 12 Tahun Sekali

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 17:14 WIB
Sekali dalam 12 tahun Bukit Anamalai di Kerala, India, bakal berubah warna menjadi ungu setelah bunga langka Neelakurinji bermekaran. Bunga Neelakurinji, bunga langka yang mekar 12 tahun sekali di Kerala, India. (iStockphoto/ajijchan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak Juli, Bukit Anamalai di kawasan Munnar, Kerala, India, berganti warna menjadi ungu. Namun fenomena unik tersebut hanya berlangsung satu kali dalam rentang waktu 12 tahun.

Bukit Anamalai berganti warna menjadi ungu karena mekarnya Bunga Neelakurinji (Strobilanthes kunthiana). Saat musim mekarnya, sekitar 1 juta pengunjung dari dalam dan luar negeri mendatangi bukit untuk menikmati pemandangannya yang berlangsung hingga Oktober.

Mengutip India Mongabay, padang Bunga Neelakurinji tumbuh di lahan seluas 3.000 hektare di bukit setinggi 2.400 meter di atas permukaan laut itu. Cuaca yang sejuk menjadi kunci berhasilnya mekar bunga.


Setelah tumbuh dan mekar setinggi 30 sampai 60 cm, bunga akan menguncup, seakan memulai "pertapaannya" demi mekar di satu abad lagi.

Saat musim mekarnya, Bukit Anamalai bakal ramai oleh serangga, salah satunya ialah Lebah Timur (Apis cerana) yang nampak lahap menyedot sari bunganya.

Madu dari Bunga Neelakurinji juga terbilang istimea, karena menurut ahli bisa disimpan hingga 15 tahun.

Ada sekitar 450 jenis Bunga Neelakurinji di dunia, paling banyak ditemukan di Asia dan Australia. Di India sendiri terdapat 146 spesies, khususnya di Kerala terdapat 43 spesies.

Walau ada banyak jenisnya, namun yang paling langka hanya bisa dilihat di pegunungan Western Ghats ini.

Bunga Neelakurinji di Bukit Anamalai terakhir mekar pada 2018 dan diramalkan bakal mekar lagi pada 2030 - tentu saja jika cuaca memungkinkan dan perubahan iklim tak semakin berdampak parah.

Strobilanthes kunthiana locally known as 'Neelakuriji' blooms at the hills of Munnar, Kerala. Strobilanthes kunthiana blossoms only once in 12 years.Bukit Anamalai saat musim mekar Bunga Neelakurinji yang tercatat 12 tahun sekali. (iStockphoto/ajijchan)

Mengutip Kerala Tourism, nama Neelakurinji berasal dari bahasa setempat yang berupa 'neela' dan bermakna 'biru'.

Suku adat setempat malah melakukan penghitungan umur berdasarkan musim mekarnya.

Pemandangan mekarnya bunga langka ini bisa dinikmati dari Kovilur, Kadavari, Rajamala, dan Taman Nasional Eravikulam.

Saat musim mekar diprediksi, bakal banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket tur menikmati musim mekar Bunga Neelakurinji yang sekaligus dikemas dengan wisata alam lainnya.

Selain Bunga Neelakurinji yang tumbuh 12 tahun sekali, turis yang datang ke Taman Nasional Eravikulam juga bisa melihat Nilgiri Tahr, kambing gunung yang merupakan satwa endemik dan terancam punah di dunia.

Bagi yang gemar mendaki juga bisa menjejak Puncak Anamudi, puncak tertinggi di India Selatan.

[Gambas:Video CNN]



(ard/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK