Istana Megah yang 'Ditenggelamkan' di Tengah Danau India

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 16:53 WIB
Bagi wisatawan yang sedang pelesir di Jaipur, India, jangan lupa menyambangi Jal Mahal, istana megah yang sengaja direndam di tengah danau. Istana Jal Mahal di Jaipur, India. (iStockphoto/Sheshnath Gupta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaipur adalah kota di India yang memiliki beragam magnet kedatangan wisatawan, mulai dari istana megah, keindahan alam, pasar lokal yang semarak, hingga penduduknya yang sekadar ramah.

Sering mendapat sebutan Kota Raja atau Kota Merah Muda, Jaipur rasanya wajib dikunjungi jika sedang wisata ke India.

Namun, perjalanan ke Jaipur belum lengkap sebelum mengunjungi Istana Jal Mahal dan memandangi Danau Man Sagar dan Bukit Aravalli yang mengelilinginya.


Istana Jal Mahal sering disebut 'istana air' karena berada persis di tengah danau. Tingginya lima lantai, namun karena terendam air hanya tampak satu lantainya.

Jal Mahal dibangun oleh Rana Madho Singh pada 1750-an, yang menjadikannya tempat penginapan selama kegiatan berburu bebek.

Komplek Jal Mahal tidak pernah dimaksudkan untuk digunakan sebagai istana semata, tetapi hanya sebuah penginapan dan tempat peristirahatan di mana maharaja dapat dengan santai memandangi alam.

Bangunan yang simetris ini seakan-akan memiliki satu lantai dan pantulannya di air memberikan pemandangan yang spektakuler bagi pengunjung, terutama di malam hari. 

Rana Madho Singh II, anak sang raja, kemudian melakukan sejumlah renovasi untuk untuk menyempurnakan kompleks istana.

Ia diketahui menambahkan banyak "keajaiban" pada interior dan eksterior istana, mengubahnya menjadi mahakarya abad ke-18 serta menambahkan halaman yang menakjubkan.

Komplek Jal Mahal adalah bagian arsitektur yang menakjubkan. Dibangun dalam gaya Rajput simetris klasik dengan sedikit pengaruh Mughal, kompleks istana ini menghadirkan pemandangan yang menakjubkan.

Bagian dalam komplek istana dihiasi dengan lukisan dinding rumit yang dikagumi banyak pecinta arsitektur dunia.

Yang paling unik, saat memasuki komplek, pengunjung bisa mencium wangi bunga melati di setiap sudutnya.

Saat ini Istana Jal Mahal digunakan sebagai tempat pameran dan restoran eksklusif.

Pergi ke danau di sore atau malam hari dan hanya memandangi istana yang indah, yang ternyata semakin memukau di malam hari, adalah kesenangan sederhana yang tidak boleh Anda hilangkan.

Turis bisa berkunjung bersama tur wisata yang akan mengantar rombongan naik perahu melintasi danau dan berakhir di taman atap Rajput dan Mughal.

(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK