Resep Mudah Membuat Donat Empuk Antigagal

tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 20:30 WIB
Berikut cara membuat donat empuk antigagal. Ilustrasi. Donat menjadi salah satu camilan favorit yang pas dikonsumsi dalam berbagai situasi. (304cina62/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Donat menjadi salah satu camilan favorit yang pas dikonsumsi dalam berbagai situasi. Bahkan, donat ukuran sedang pun sudah mampu jadi menu sarapan yang nikmat bersama dengan secangkir teh hangat. Berikut cara membuat donat.

Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan donat dengan ragam topping termasuk gula bubuk, cokelat meses, keju hingga kacang.

Mumpung banyak waktu di rumah, Anda bisa membuat donat sendiri. Tak perlu takut mencoba sebab cara membuat donat berikut ini menjanjikan hasil optimal dan antigagal.


Berikut cara membuat donat empuk antigagal.

Bahan membuat donat:

- 500 gram tepung protein tinggi
- 250 mililiter air hangat
- 100 gram margarin yang sudah dilelehkan
- 5 sendok makan gula
- 2 butir kuning telur
- 6 gram ragi instan
- 2 sendok makan susu bubuk
- Minyak untuk menggoreng
- Gula halus secukupnya

Cara membuat donat:

1. Campur gula, ragi instan dan air. Tunggu sekitar 5 menit hingga permukaan air terdapat buih. Ini tanda ragi dalam kondisi 'hidup' dan adonan nanti akan mengembang.

2. Masukkan tepung, margarin, kuning telur, dan susu bubuk. Uleni hingga adonan kalis atau tidak lengket di tangan dan seperti kembali ke bentuk semula saat ditekan.

3. Letakkan adonan dalam wadah dan tutup menggunakan serbet lembap. Biarkan adonan mengembang selama satu jam.

4. Setelah itu adonan diuleni lagi, ambil sedikit dan bentuk bulatan. Siapkan loyang yang sudah diberi terigu dan letakkan bulatan donat. Sebaiknya diamkan bulatan donat selama 10 menit.

5. Sembari menunggu, panaskan minyak. Sebagaimana dikutip dari Delish, suhu terbaik untuk menggoreng donat sekitar 350 derajat Fahrenheit (sekitar 176 derajat Celcius).

6. Masukkan bulatan donat, tunggu beberapa saat dan balik hingga berwarna cokelat keemasan.

7. Donat yang sudah ditiriskan dan suhunya turun bisa ditaburi gula halus.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK