5 Cara Memasak Steak Sempurna di Rumah

tim, CNN Indonesia | Rabu, 07/04/2021 12:08 WIB
Steak jadi salah satu menu istimewa untuk hari spesial. Berikut cara membuat steak sempurna di rumah. Ilustrasi. Sajian steak dapat menjadi pilihan untuk dinikmati bersama pasangan saat merayakan Valentine di rumah. (iStockphoto/Vladimir Mironov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Steak jadi salah satu menu istimewa untuk merayakan hari spesial. Alih-alih pergi ke restoran, Anda bisa membuat steak sendiri di rumah dengan cara berikut.

Buat sebagian orang, memasak daging bukan perkara mudah terlebih keterbatasan alat. Hanya saja, dengan cara-cara berikut, Anda tetap bisa mewujudkan steak sempurna meski hanya di rumah.


Jangan lupa siapkan wine untuk menyempurnakan sajian.

1. Pilih daging dan potongan yang tepat

Dasar dari memasak steak adalah daging sapi. Justru Anda mesti fokus di pemilihan daging dan jenis potongan yang akan digunakan.

Pilih daging dengan kualitas tinggi, kemudian potongan yang cukup tebal. Potongan daging yang tebal akan lebih mudah dikontrol temperaturnya.

"Saya lebih memilih potongan yang lebih tebal, sekitar 2,5 inci (sekitar 7 centimeter). Daging yang tipis itu gampang gosong," ujar Andreas Seidel, juru masak di New York City, dikutip dari Insider.

Selain itu, pilih potongan daging yang memiliki banyak 'marbling', semburat putih lemak pada daging.

Semakin banyak marbling, semakin nikmat steak disantap. Jenis potongan terbaik yang bisa Anda gunakan misalnya, tenderloin, sirloin, atau rib eye.

2. Bumbu sederhana atau sedikit kompleks

Bumbu steak umumnya sederhana. Dilansir Forbes, garam dan lada saja sudah cukup. Anda sebaiknya memilih garam laut (sea salt) yang kasar, sedangkan lada paling baik menggunakan lada segar yang baru digiling.

Sementara itu untuk bumbu yang lebih kompleks, bisa ditambahkan rempah khas masakan Barat.

"Menambahkan bumbu itu menyenangkan dan Anda bisa berkreasi saat memasak. Saya mencoba menggunakan rasa yang cocok untuk daging seperti bawang putih dan rempah seperti thyme dan rosemary," kata koki senior Michael Ollier.

3. Menggunakan wajan besi/baja

"Tips terbaik untuk memperoleh suhu tinggi, antara dibakar (grilling) di luar rumah atau menggunakan wajan besi," kata Matthew King, executive chef di Smith & Wollensky.

Untuk proses bakar di luar rumah, Anda musti menyediakan wadah bakaran dan arang. Sedangkan cara yang lebih praktis adalah dengan menyediakan wajan besi.

Panaskan wajan hingga benar-benar panas lalu letakkan daging yang sudah diberi bumbu.

4. Tidak banyak dibolak-balik

Menurut koki Adam Perry Lang, suhu permulaan sangat berdampak pada proses memasak steak. Apalagi jika daging dalam kondisi beku sebelum dimasak.

Daging dingin dan tebal akan perlu terus-menerus dibalik agar daging memperoleh panas secara menyeluruh.

Bagian tengah daging biasanya paling dingin sehingga cara ini perlu diperhatikan.

Akan tetapi jika kondisi daging dalam suhu normal, urusan balik-membalik tidak akan banyak dilakukan.

"Baik di atas panggangan atau di wajan selalu masak steak di sisi pertama selama dua per tiga waktu dan kemudian balik dan masa selama sepertiga waktu terakhir," ujar koki Brian Dunsmoor, dikutip dari My Recipes.

"Anda akan mendapatkan kulit daging yang enak saat kontak pertama tapi daging tidak gosong."

5. Beri jeda sebelum disajikan

Tak peduli betapa lapar Anda atau pasangan, sebaiknya diamkan daging terlebih dahulu sebelum disajikan. Setidaknya diamkan selama 5 menit sebelum dipotong.

Ollier berkata biasanya proses memasak tetap berlanjut meski daging sudah Anda letakkan di piring saji.

Selama jeda waktu, 'juice' daging bisa terdistribusi rata setelah sebelumnya sudah dipanaskan.

Anda pun punya waktu untuk menyiapkan meja dan 'side dish' atau hidangan pendamping seperti kentang dan wortel rebus.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK