Sit-up Cara Efektif Bakar Lemak di Perut, Mitos atau Fakta?

Antara, CNN Indonesia | Selasa, 09/02/2021 07:12 WIB
Sebagian orang berpendapat bahwa sit-up menjadi cara efektif untuk membantu membakar lemak di perut. Sebagian orang berpendapat bahwa sit-up menjadi salah satu cara efektif untuk membantu membakar lemak di perut. (iStockphoto/Bojan89)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian orang berpendapat bahwa sit-up menjadi cara efektif untuk membantu membakar lemak di perut.

Namun, ahli kesehatan dan gizi Nutrifood, Rendy Dijaya Muliadi mengungkapkan bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Menurutnya, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan olahraga dengan menargetkan bagian tubuh tertentu bisa membakar lemak pada bagian tersebut secara khusus.


"Lemak yang terbakar secara keseluruhan. Latihan yang terfokus pada bagian tertentu bermanfaat untuk perkembangan otot bagian tersebut," kata Rendy, dikutip dari Antara.

Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk membakar lemak?

Sebagaimana dilansir Healthline, latihan secara teratur akan mempercepat metabolisme Anda serta membakar kalori dan lemak. Latihan aerobik (kardio) mungkin juga efektif untuk menargetkan lemak perut visceral (yang terletak di rongga perut di sekitar organ dalam Anda).

Intensitas juga berperan. Latihan dengan intensitas sedang atau tinggi dapat mengurangi massa lemak perut, dibandingkan dengan latihan aerobik intensitas rendah atau latihan kekuatan.

Anda bisa melakukan kardio dengan intensitas sedang selama 30 menit dalam lima hari seminggu, atau kardio intensitas tinggi selama 20 menit dalam tiga hari seminggu.

Bagi Anda yang menginginkan perut six pack tetap bisa melakukan sit-up karena gerakan ini membuat otot tetap kencang dan padat.

Untuk hasil optimal, tingkatkan durasi dan intensitas latihan secara bertahap yang ditambah dengan asupan nutrisi bergizi seimbang, istirahat cukup serta jangan lupa kombinasikan latihan kardio dan resisten.

Terkait pembentukan otot, antara wanita dan pria punya perbedaan dari sisi kecepatan. Para pria mempunyai hormon testosteron yang lebih banyak sehingga lebih mudah cepat membentuk otot dibandingkan wanita.

Rendy mengatakan bahwa untuk membentuk otot wanita membutuhkan usaha ekstra termasuk dalam hal nutrisi, olahraga dan suplemen.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK