Terdampar di Pulau 33 Hari, Korban Selamat Hanya Makan Kelapa

CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 11:18 WIB
Tiga warga Kuba berhasil bertahan hidup dengan buah kelapa saat terdampar di pulau tak berpenghuni selama 33 hari. Ilustrasi. (Lebensmittelfotos/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penjaga Pantai Amerika Serikat menyelamatkan tiga warga Kuba dari Pulau Bahaman yang sepi, tempat mereka bertahan hidup hanya dengan makan dan minum dari buah kelapa selama 33 hari, seperti yang dikutip dari CNN pada Kamis (11/2).

"Luar biasa. Saya tidak tahu bagaimana mereka melakukannya. Saya kagum mereka tetap dalam kondisi baik," kata Letnan Justin Dougherty kepada afiliasi CNN, WPLG.

Saat melakukan patroli rutin pada hari Senin (8/2), awak udara Penjaga Pantai AS melihat dua pria dan seorang wanita mengibarkan bendera darurat di Anguilla Cay, yang terletak di rantai pulau antara Lower Florida Keys dan Kuba.


Penjaga Pantai lalu menjatuhkan radio, makanan, dan air kepada ketiganya dan menyelamatkan mereka dari pulau pada hari Selasa (9/2).

Kapal mereka terbalik di perairan yang ganas sekitar lima minggu lalu, kata ketiganya kepada Penjaga Pantai.

Demi menyelamatkan diri akhirnya mereka berenang ke Pulau Bahaman.

Ketiganya dilaporkan tidak mengalami cedera serius, tetapi tetap diterbangkan ke Lower Keys Medical Center untuk diperiksa lebih lanjut.

Hingga saat ini belum diketahui lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan mereka setelah hanya makan dan minum dari buah kelapa selama 33 hari.

Lower Keys Medical Center sudah dihubungi CNN untuk mendapatkan informasi tentang kondisi mereka, namun belum mendapatkan jawaban.

Terdampar di pulau tak berpenghuni nyatanya bukan pengalaman fiksi dalam film 'Cast Away' yang dibintangi oleh Tom Hanks.

Ketika itu ia bertahan hidup salah satunya dengan berteman dengan bola voli merk Wilson.

Saat ini ada banyak panduan mengenai cara bertahan hidup jika terpaksa terdampar di pulau tak berpenghuni.

Panduan-panduan tersebut dirilis untuk orang yang gemar melakukan olahraga air dan udara, seperti surfing, diving, kayaking, atau paragliding.

Mengutip tulisan dari Desert Island Survival, ada lima cara untuk bertahan hidup saat terdampar di pulau tak berpenghuni, yaitu;

1. Buatlah api untuk menghangatkan badan
2. Pahatlah kayu untuk dijadikan senjata atau alat bantu lainnya
3. Selain ikan, daging buah kelapa dan rumput laut (yang masih berada di dalam lautan) juga bisa dimakan untuk mengganjal perut
4. Lindungi diri dari nyamuk atau serangga lainnya
5. Cari sumber air bersih

Tentu saja teknik bertahan hidup di pulau tak berpenghuni membutuhkan pelatihan yang panjang.

Jika tak ingin mengalami hal buruk tersebut, sebaiknya pastikan keamanan sebelum dan saat melakukan olahraga air atau udara.

(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK