Fakta di Balik Kentang Buat Obat Jerawat yang Viral di TikTok

tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 13:54 WIB
Beragam tips kecantikan menjamur di TikTok, salah satunya adalah kentang untuk obat jerawat. Benarkah? Beragam tips kecantikan menjamur di TikTok, salah satunya adalah kentang untuk obat jerawat. Benarkah? (Pixabay/Maddox74)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beragam tips kecantikan menjamur di TikTok, salah satunya adalah kentang untuk obat jerawat.

Namun benarkah kentang bisa mengobati jerawat?

Tak dimungkiri kalau kentang memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. namun pada kenyataannya, kentang tak bisa menjadi obat jerawat.


Beberapa studi menunjukkan bahwa kentang mengandung glycoalkaloid dan beberapa komposisi lainnya yang bisa berperan sebagai anti-inflamasi.Namun penggunaan kentang untuk jerawat ini hanya sekadar menghilangkan kemerahan yang terjadi karena peradangan jerawat dan bukan mengobatinya.

"Kentang bisa bermanfaat untuk kulit dengan banyak cara," kata dokter kulit Joshua Zeichner dikutip dari Pop Sugar.

"Pertama, pati meredakan peradangan dan menyerap minyak. Kedua, karena kentang kaya akan vitamin C, mereka dapat membantu meminimalkan risiko munculnya bintik-bintik hitam saat jerawat teratasi."

Meski demikian, kentang tidak memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat atau meningkatkan regenerasi sel kulit yang membuat jerawat cepat sembuh, seperti layaknya obat jerawat.

"Kentang sama sekali tidak menggantikan produk dan perawatan jerawat lainnya."

Dibanding memilih kentang sebagai obat jerawat karena viral di TikTok, klik di sini untuk rekomendasi ramuan atau obat alami untuk mengobati jerawat. 

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELANJUTNYA

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK