Ragam Tradisi Unik Hari Valentine di Berbagai Negara

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 14/02/2021 18:00 WIB
Beda negara, beda juga cara merayakan Valentine. Selain bertukar cokelat dan bunga, berikut ragam tradisi unik hari Valentine di berbagai belahan dunia. Beda negara, beda juga cara merayakan Valentine. Selain bertukar cokelat dan bunga, berikut ragam tradisi unik hari Valentine di berbagai belahan dunia. (Foto: Dimitar DILKOFF / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memasuki bulan Februari yang identik dengan perayaan Hari Valentine, banyak toko menyediakan beragam permen dan cokelat berbentuk hati, boneka, balon, bunga, serta hadiah lainnya.

Hal tersebut adalah pemandangan umum selama masa-masa jelang Valentine di beberapa negara. Namun menariknya, beda negara beda juga cara merayakannya.

Perayaan hari Valentine yang serentak dirayakan 14 Februari di seluruh dunia ini tak sekadar membagikan bunga dan cokelat. Lebih dari itu, masyarakat dunia memaknai hari kasih sayang ini dengan ciri khasnya tersendiri.


Berikut ragam tradisi unik hari Valentine yang dilakukan masyarakat di berbagai belahan dunia.

1. Inggris

Daun salam(commons.wikimedia.org/W.A.Djatmiko)Foto: commons.wikimedia.org/W.A.Djatmiko
Ilustrasi daun salam. Meletakkan 5 lembar daun salam di atas bantal merupakan tradisi Hari Valentine perempuan di Inggris untuk mengarapkan jodoh. 

Pada malam Hari Valentine, perempuan di Inggris akan meletakkan lima lembar daun salam di atas bantal tidurnya untuk mengharapkan jodoh, merujuk Huffington Post.

Sementara di Norfolk, terdapat sosok Jack Valentine layaknya Sinterklas di Hari Valentine. Anak-anak akan menanti kedatangan Jack Valentine yang mengetuk pintu rumah mereka sembari meninggalkan permen dan hadiah kecil lainnya.

2. Italia

Makan malam romantis dan saling bertukar kado adalah salah satu cara merayakan Hari Valentine di Italia.

Salah satu hadiah Hari Valentine paling populer adalah Baci Perugina, yakni hazelnut kecil berlapis cokelat yang disisipkan ucapan romantis dalam empat bahasa.

Orang Italia merayakan Hari Valentine sebagai Festival Musim Semi. Muda-mudi yang mabuk asmara biasanya akan berkumpul di luar sambil menikmati pembacaan puisi dan musik.

Tradisi Hari Valentine di Italia lainnya adalah para gadis yang belum menikah akan bangun sebelum fajar untuk mencari calon suami mereka.

Mereka berkeyakinan bahwa pria pertama yang dilihat pada Hari Valentine adalah pria yang akan dinikahinya, atau setidaknya merepresentasikan jodohnya di masa depan.

3. Denmark

Ilustrasi kartu ucapan terima kasihFoto: Pixabay/GingerQuip
Ilustrasi kartu ucapan. Membagikan kartu ucapan dan surat bercanda merupakan tradisi Hari Valentine di Denmark.

Di negara Skandinavia ini, Hari Valentine dirayakan dengan saling bertukar bunga putih dan kartu ucapan atau yang biasa disebut lover's card.

Selain itu, laki-laki biasanya akan memberikan wanita sepucuk surat bercanda (gaekkebrev) yang berisi puisi atau sajak lucu yang dikirimkan secara anonim.


4. China

Ilustrasi Buah MelonFoto: Meditations/Pixabay
Ilustrasi Melon. Tradisi hari Valentine di China, para gadis biasanya menyiapkan persembahan buah melon untuk mengharapkan pasangan.

Di negara tirai bambu ini, tradisi unik Hari Valentine disebut juga Qixi atau Festival Malam Ketujuh.

Berdasarkan cerita setempat, putri raja khayangan bernama Zhinu jatuh cinta dan menikah dengan penggembala sapi Niulang, hingga memiliki anak kembar. Ayah Zhinu yang mengetahui pernikahan mereka, kemudian membawa Zhinu kembali ke kerajaan.

Selama masa Qixi, para perempuan muda akan mempersiapkan persembahan melon dan buah-buahan lainnya untuk Zhinu dengan harapan menemukan suami yang baik. Sementara para pria akan pergi ke kuil untuk berdoa meminta kebahagiaan dan kemakmuran.


5. Prancis

Ilustrasi perempuan memegang setangkai bungaFoto: Ian Schneider/Unsplash
Ilustrasi tradisi hari Valentine di Prancis. 

Dinobatkan sebagai kota paling romantis di dunia, Prancis sejak lama merayakan hari Valentine ini sebagai hari kekasih dengan tradisi mengirim surat cinta kepada perempuan yang dicintai.

Acara tradisional Hari Valentine lainnya di Prancis adalah loterie d'amour, atau menggambar untuk cinta.

Diyakini bahwa tradisi memberi kartu pada Hari Valentine pertama kali berasal dari Prancis, ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara pada 1415.

Sebuah desa di Prancis bernama Valentine kemudian berubah menjadi pusat romansa pada 12 dan 14 Februari.

Di tempat ini, orang dapat melihat pekarangan yang indah dengan pepohonan dan rumah yang dihiasi dengan kartu cinta, mawar, serta lamaran.


6. Korea Selatan

[Gambas:Instagram]

Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan yang dirayakan mulai Februari hingga April. Pada tanggal 14 Februari, perempuan akan memberikan hadiah kepada laki-laki yang disukainya dengan coklat, permen, dan bunga.

Kemudian dilanjutkan pada 14 Maret, yang dikenal sebagai Hari Putih. Saat itu, gantian para lelaki akan menghujani kekasih mereka dengan cokelat, bunga, dan hadiah lainnya.

Sementara bagi mereka yang jomlo Hari Valentine atau Hari Putih, merayakannya dengan Hari Hitam. Pada tanggal 14 April, para jomlo akan makan semangkuk mi jajangmyeon.


7. Filipina

A couple shows their newly-issued marriage license on Valentine's Day in Bang Rak, the Thai capital's Foto: Lillian SUWANRUMPHA / AFP
Ilustrasi menikah massal jadi tradisi Valentine di Filipina dan Thailand.

Tradisi Hari Valentine di Filipina secara umum mirip dengan perayaan di negara-negara Barat. Namun ada satu tradisi unik yang dilakukan oleh pasangan untuk menikah tepat pada 14 Februari.

Biasanya ratusan pasangan akan berkumpul di suatu mal atau tempat umum lainnya untuk menikah atau memperbarui sumpah pernikahan mereka secara massal.

8. Bulgaria

Ilustrasi rak anggurFoto: SplitShire/Daniel Nanescu
Ilustrasi. Tradisi hari Valentine di Bulgaria adalah dengan menikmati segelas anggur bersama pasangan

Seperti negara lain, Bulgaria juga merayakan Hari Valentine dengan caranya sendiri. Setiap 14 Februari, tradisi unik hari Valentine di Bulgaria merayakan San Trifon Zartan yang berarti hari pembuat anggur.

Dalam kesempatan ini, pasangan suami istri maupun dan muda-mudi akan merayakan hari kasih sayang ini dengan menikmati anggur lokal yang lezat.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK