5 Tanaman Buah yang Mempercantik Halaman Rumah

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 07:07 WIB
Ada beberapa tanaman buah yang bisa tumbuh di halaman rumah dengan lahan terbatas. Ilustrasi. Ada beberapa tanaman buah yang bisa tumbuh di halaman rumah dengan lahan terbatas. (jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bosan dengan tanaman hias? Coba-lah untuk beralih ke tanaman buah. Ada beberapa tanaman buah yang bisa tumbuh di halaman rumah dengan lahan terbatas.

Tak hanya mempercantik pekarangan rumah, deret tanaman ini juga memberikan manfaat dengan hasil buahnya yang nikmat. Apalagi saat panen, Anda bisa mendapatkan buah yang berlimpah.

Berikut beberapa rekomendasi tanaman buah yang bisa ditanam di pekarangan rumah, melansir The Spruce.


1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu tanaman buah yang paling mudah untuk ditanam. Namun, menanam blueberry membutuhkan pekerjaan awal yang cukup berat untuk memastikan tanah cukup asam.

Tanaman blueberry juga membutuhkan paparan sinar matahari penuh. Anda juga harus memastikan tanah yang asam, lembap sampai basah, hingga drainase yang baik.

Anda juga bisa menanam blueberry dalam pot. Pastikan untuk menutupi tanaman dengan jaring demi melindunginya dari burung saat panen.

2. Stroberi

Selain blueberry, Anda juga bisa menanam stroberi di pekarangan rumah. Menanam stroberi terbilang tak terlalu sulit.

Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari penuh. Selain itu, pastikan pula agar tanah yang digunakan bersifat asam dengan tingkat kelembapan sedang.

Ilustrasi Anak dan BuahIlustrasi. Tanaman stroberi bisa menjadi pilihan untuk menghiasi pekarangan rumah Anda. (FeeLoona/Pixabay)

3. Anggur

Meski tanaman anggur tak sulit untuk ditanam, namun Anda akan bersaing dengan burung dan hewan lainnya saat panen. Selain itu, anggur juga membutuhkan sejenis penyangga untuk tumbuh.

Agar bisa panen dengan baik, pastikan varietas anggur terbaik yang cocok untuk lokasi rumah Anda. Kebanyakan varietas anggur membutuhkan lokasi yang cerah dengan paparan sinar matahari penuh dan tanah yang subur.

4. Apel

Tanaman satu ini cukup rentan terhadap banyak masalah serangga dan penyakit.

Selain itu, pohon apel juga membutuhkan banyak pemangkasan. Saat memangkas, fokus pada usaha membuat cabang lebih tipis untuk meningkatkan paparan jumlah sinar matahari dan aliran udara agar mengenai semua tanaman. Cara ini dapat membuat tanaman apel tumbuh sehat dan tercegah dari penyakit.

5. Melon

Anda bisa menanam melon di pekarangan rumah atau bahkan di dalam pot.

Melon membutuhkan banyak sinar matahari dan ruang yang cukup untuk tumbuh. Pasalnya, melon merupakan tanaman merambat yang dapat mencapai 6 meter atau lebih.

Anda sebenarnya bisa menanam melon di teralis. Namun, pilih melon dengan varietas buah yang kecil. Melon besar seukuran semangka bisa jadi sangat berat sehingga rentan terjatuh dari tanaman.

Tanam melon setelah musim hujan usai. Sirami tanaman secara teratur. Namun, saat buah mulai muncul, kurangi intensitas penyiraman.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK