5 Tanaman Hias Berdaun Putih, Bawa Kedamaian di Hunian

tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 10:40 WIB
Tanaman hias berdaun putih masih jadi daya tarik, karena warnanya yang cerah bisa memberi efek damai pada hunian. Tanaman hias berdaun putih masih jadi daya tarik, karena warnanya yang cerah bisa memberi efek damai pada hunian. (Foto: iStockphoto/KenWiedemann)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski telah berganti tahun hobi tanaman hias masih digemari, termasuk tanaman hias dengan warna yang cerah seperti merah dan putih. Tanaman hias berdaun putih cukup banyak diburu para penyuka tanaman hias karena perpaduan warnanya yang cantik dan unik.

Jika Anda sedang mencari tanaman hias berdaun putih untuk menghias ruangan rumah, CNNIndonesia merekomendasikan 5 jenis tanaman hias berdaun putih yang menarik dipelihara.

1. Monstera Variegata

Variegated Monstera deliciosa leaves in woman gardener hand, half white, half green. Exotic house plant, close-up. High quality photoMonstera variegata jadi salah satu tanaman hias berdaun putih yang populer (Foto: iStockphoto/nikkimeel)

Tanaman ini cukup populer pada tahun 2020. Monstera variegata memiliki keunikan pada corak perpaduan warna hijau dan putih. Warna putih pada variegata dihasilkan dari mutasi sel akibat kelainan klorofil pada daun. Semakin dominan warna putih pada daun biasanya semakin diminati.


Tahun lalu tanaman ini banyak diburu orang meski harganya terbilang mahal, karena monstera variegata sulit dibudidayakan dan perawatannya cukup rumit.

2. Keladi Putih

Close up of a grouping of Caladium  leavesSalah satu tanaman hias berdaun putih yang tengah ramai diburu adalah keladi putih (Foto: iStockphoto/KenWiedemann)

Daun keladi putih memiliki bentuk seperti hati dengan warna putih sebagai dasar dan guratan hijau. Perawatan keladi putih cukup sederhana, cukup siram secukupnya dan hindari terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak warna putih pada daun.

Meski populer tanaman ini cukup mudah didapatkan dan dapat ditemukan di toko online maupun offline. Keladi putih cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan, untuk memberi efek terang.

3. Spider Plant

Chlorophytum comosum, Spider plant  in white hanging pot / basket, Air purifying plants for home, Indoor houseplant, Hanging plant, Vertical wall garden, Houseplants With Health Benefits conceptSpider plant, tanaman hias berdaun putih (Foto: iStockphoto/yaoinlove)

Jenis tanaman hias berdaun putih yang satu ini memang identik dengan tanaman hias dalam ruangan. Tanaman ini dinamakan spider plant karena daun tanaman ini jatuh menjuntai layaknya kaki laba-laba.

Warna daunnya cukup unik, yakni hijau dengan garis putih panjang pada bagian tengah daun. Perawatannya juga cukup mudah, siram secukupnya dan berikan sinar matahari secukupnya. Hindari terpapar sinar matahari secara langsung dan jangan simpan spider plant di depan pemanas atau unit AC.

4. Aglonema Putih Salju

aglonema plant on grandpa's plantationAglonema berdaun putih jadi salah satu tanaman hias favorit (Foto: iStockphoto/Adi Sunu munarto)

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Sri Rejeki merupakan rumpun keluarga Araceae Genus Aglonema dengan kisaran 30 jenis. Habitat asli tanaman ini adalah hutan hujan tropis.

Aglonema Putih Salju berciri-ciri daun berwarna putih dengan corak hijau tersebar rata pada permukaan daun. Ada juga warna putih pada tanaman ini lebih mendominasi daun dengan sedikit warna hijau.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Perawatan tanaman ini cukup mudah, siram tanaman secukupnya dan hindari terkena daun agar tidak menyebabkan kebusukan dan letakkan tanaman di tempat yang teduh atau sejuk. Jika dirawat dengan benar tanaman dapat tumbuh maksimal hingga 20 cm.

5. Anggrek Bulan

potted white orchids (Phalaenopsis) on a shiny sideboard in front of a rough vintage wall, decoration with contrast between old and modern, copy space, selected focusTanaman hias anggrek bulan (Foto: iStockphoto/fermate)

Anggrek bulan merupakan jenis anggrek yang banyak diminati kalangan ibu rumah tangga. Daya pikat anggrek ini ada pada warna bunganya yang lebar dan anggun dengan warna semburat kuning atau ungu. Jenis anggrek ini tidak tahan cuaca panas sehingga umum ditaruh dalam ruangan.

Merawat anggrek bulan tidak sulit namun harus berhati-hati. Anggrek bulan tidak terlalu membutuhkan sinar matahari banyak, sebab mendapat terlalu banyak sinar matahari dapat menghambat pertumbuhan anggrek bulan. Letakkan tanaman di tempat dengan sinar matahari cukup.

Meski cantik diletakkan dalam ruangan, anggrek bulan putih juga membutuhkan sirkulasi udara. Letakkan anggrek bulan di dekat jendela atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, dan siram bunga sehari dua kali menggunakan semprotan air ke bagian akar bunga.

Itulah 5jenis tanaman hias berdaun putih yang dapat Anda pelihara sebagai penghias ruangan. Tanaman di atas cukup mudah Anda temui di toko tanaman atau toko online seperti marketplace dengan harga yang terjangkau.

(imb/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK