4 Aroma yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 06:32 WIB
Selain memangkas asupan makanan dan berolahraga, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, termasuk di antaranya mencium sejumlah aroma. Ilustrasi. Tak sekadar memangkas asupan makanan, mencium sejumlah aroma juga disebut bisa membantu penurunan berat badan. (Pixabay/Counselling)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menurunkan berat badan tak sekadar memangkas asupan makanan. Mencium sejumlah aroma juga disebut bisa membantu penurunan berat badan.

Pada dasarnya, penciuman memainkan peran dalam hal nafsu makan. Alan Hirsch, dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation mengatakan, aroma punya kemampuan untuk menipu otak.

"Itu [aroma] membodohi otak dengan berpikir bahwa Anda telah makan dan kenyang, sehingga Anda harus makan lebih sedikit," ujar Hirsch, mengutip ABC News.


Rasa, kata Hirsch, bisa dirasakan oleh saraf penciuman. Saraf ini terkait langsung dengan bagian otak yang memberikan sinyal kenyang.

"Dengan mencium bau, otak merasakan 'saya telah menciumnya, oleh karena itu saya telah memakannya, dan saya lebih baik berhenti memakannya'," jelas Hirsch.

Sejumlah aroma disebut punya kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut mengutip Times of India.

1. Minyak zaitun

Sebuah studi menemukan, mencium aroma minyak zaitun extra virgin dapat menimbulkan perasaan kenyang. Saat ekstrak aroma ini ditambahkan ke dalam yogurt, peserta studi ditemukan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan memiliki respons gula darah yang lebih baik dibanding mereka yang mengonsumsi yogurt tanpa ekstrak minyak zaitun.

Tak hanya itu, peserta juga mengalami peningkatan hormon serotonin yang lebih tinggi. Hormon ini berhubungan dengan rasa kenyang.

2. Bawang putih

Anda tentu sudah tak asing dengan bau tumis bawang putih yang begitu menyengat. Siapa sangka jika aroma yang kuat, seperti pada bawang putih, membuat seseorang makan dalam porsi lebih sedikit.

Ilustrasi Mencincang BawangIlustrasi. Mencium aroma bawang putih yang kuat ditemukan dapat membantu proses penurunan berat badan. (wolffsfa/Pixabay)

Hal tersebut ditemukan dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Flavor. Hasil studi menyebut, konsumsi makanan dengan rasa yang berani dan aroma yang kuat ditemukan mampu membantu menurunkan berat badan.

3. Jeruk Bali

Buah satu ini menjadi favorit bagi para pelaku diet. Buah yang kaya akan vitamin C ini bahkan ditemukan dapat membantu penurunan berat badan.

Luangkan waktu beberapa detik untuk mencium aromanya. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa tikus yang mencium aroma Jeruk Bali selama 15 menit mengalami penurunan nafsu makan, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Apel hijau dan pisang

Biasanya apel dan pisang dikonsumsi sebagai camilan sehat saat sedang menjalani program diet. Namun, tak hanya dimakan, mencium keduanya juga bisa membantu menekan rasa lapar.

Sebuah studi dilakukan terhadap sejumlah orang dengan kelebihan berat badan. Studi yang dilakukan oleh Smell & Taste Treatment and Research Foundation ini menemukan, peserta yang mencium apel hijau dan pisang saat lapar, mengalami penurunan nafsu makan, yang pada gilirannya membantu penurunan berat badan.

Aroma manis yang netral dari apel hijau dan pisang disebut mampu mengekang rasa lapar. Jika tak memiliki pisang dan apel hijau, Anda juga bisa mencoba mencium aroma vanila.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK