ASI Keluar dari Ketiak, Kenali 'Pitties' pada Ibu Menyusui

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 14:12 WIB
Seorang ibu menyusui di AS mengaku bisa mengeluarkan ASI melalui ketiak. Kondisi ini terjadi akibat 'pitties' atau pembengkakan jaringan payudara akibat ASI. Ilustrasi. Seorang ibu menyusui di AS mengaku bisa mengeluarkan ASI melalui ketiak. (Istockphoto/ Warrengoldswain)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang ibu menyusui asal Amerika Serikat (AS) mengaku bisa mengeluarkan ASI melalui ketiak. Kondisi ini terjadi akibat 'pitties', atau benjolan yang terbentuk akibat pembengkakan jaringan payudara.

Hal ini dialami oleh seorang wanita pemilik akun @ollieoooop di platform TikTok. Lewat sebuah video, dia berbagi pengalamannya mengeluarkan ASI melalui ketiak.

Dia mengatakan bahwa seorang ibu menyusui bisa mengalami 'pitties'. Nama terakhir merupakan benjolan atau pembengkakan yang muncul di ketiak saat jaringan payudara terisi ASI.


Saat dia meremas area tersebut, cairan ASI keluar dengan sendirinya.

"Pada dasarnya, Anda memiliki jaringan payudara di ketiak, terkadang jaringan itu akan membengkak saat Anda menyusui," ujarnya, mengutip Metro UK.

Video itu ditonton lebih dari 190 ribu pengguna. Beberapa pengguna berbagi pengalaman yang sama.

"Kamu bukan satu-satunya. Teman saya dengan panik menelpon rumah sakit [karena hal yang sama] setelah putranya lahir," tulis komentar salah seorang warganet.

Mengutip Parents, pitties merupakan istilah yang merujuk pada benjolan akibat jaringan payudara yang membengkak karena ASI. Pitties umumnya muncul di area ketiak.

Jaringan payudara tak hanya ditemukan di payudara itu sendiri. Ada struktur yang disebut dengan 'tail of spence' yang bisa sampai ke area ketiak. Karena terhubung dengan jaringan penghasil utama ASI di payudara, ketiak bisa ikut membengkak karena produksi ASI yang berlimpah.

Namun, pembengkakan ini berbeda dengan benjolan pada umumnya. "Pembengkakan yang terjadi tampak seperti benjolan berbentuk telur di bawah ketiak," ujar ahli kesehatan, Andrea Tran.

Pembengkakan di ketiak paling sering terjadi di masa-masa awal menyusui. Namun, Anda tak perlu khawatir. Pembengkakan jenis ini tak menjadi kondisi yang berbahaya.

Jaringan itu perlahan akan menghilang. Jika Anda mengalaminya, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan kompres dingin pada area benjolan. Benjolan umumnya akan hilang dalam 1-2 hari.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK