Tidur Makin Nyenyak Berkat Bantuan Brown Noise

tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 19:20 WIB
Tidur sembari mendengarkan lantunan brown noise diyakini lebih menenangkan dan membuat tidur lebih nyenyak. Ilustrasi. Tidur sembari mendengarkan suara brown noise diyakini lebih menenangkan dan membuat tidur lebih nyenyak. (iStock/Vera_Petrunina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian orang memutar musik sebagai pengantar tidur. Biasanya musik bertempo lambat atau sekadar instrumen tanpa syair.

Kenapa tidak sesekali mencoba brown noise? Suara ini diyakini lebih bisa menenangkan dan membuat tidur lebih nyenyak.

Brown noise kali pertama diperkenalkan oleh ahli botani Robert Brown. Dibanding dengan jenis suara lain seperti white noise atau pink noise, brown noise memiliki suara lebih dalam sehingga memberi efek menenangkan buat orang yang akan tidur.


Ahli saraf tidur di Boston Medical Center, Naina Limbekar menyebut brown noise bisa dibandingkan dengan suara curah hujan deras dan konsisten, air terjun kuat atau gemuruh petir yang rendah.

Anda mungkin bingung kenapa suara-suara ini memiliki warna. Warna-warni ini mewakili frekuensi atau kecepatan suaranya.

"Nama berbeda yang diturunkan suara seperti white, pink, dan brown mengacu pada bagaimana energi suara didistribusikan ke frekuensi yang berbeda," jelas Limbekar dikutip dari Bustle.

Sebagaimana dilansir dari Healthline, masing-masing warna memberikan karakter berbeda.

White noise

White noise mencakup suara-suara yang dapat didengar. Energi didistribusikan secara merata di seluruh frekuensi sehingga tercipta suara senandung yang stabil. White noise contohnya, radio atau televisi statis, desis radiator, suara putaran kipas, suara AC.

Karena konsisten, white noise bisa menutupi suara keras yang bisa menstimulasi otak. Ini pun membuat white noise kerap direkomendasikan untuk mereka yang mengalami gangguan tidur.

Pink Noise

Pink noise lebih dalam daripada white noise dengan gemuruh bas. Namun pink noise tidak lebih dalam daripada brown noise.

Brown noise

Warna suara ini memiliki energi lebih tinggi pada frekuensi rendah. Brown noise meliputi suara air terjun yang kuat, guntur juga hujan deras. Efeknya akan menenangkan dan Anda bisa mencobanya sendiri.

Video brown noise bisa didapat secara bebas di internet. Kemudian Anda bisa menikmati brown noise alami terutama saat musim hujan seperti sekarang.

[Gambas:Video CNN]



(els/agn)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK