Pola Diet yang Tepat untuk Penderita Tukak Lambung

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/03/2021 14:10 WIB
Pengobatan saja tak cukup untuk untuk mengatasi tukak lambung. Pengobatan tukak lambung mesti diikuti dengan pola diet yang tepat. Ilustrasi. Pengobatan tukak lambung mesti diikuti dengan pola diet yang tepat. (karriezhu/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengobatan saja tak cukup untuk untuk mengatasi tukak lambung. Pengobatan tukak lambung mesti diikuti dengan pola diet yang tepat.

Tukak lambung merupakan kondisi luka yang berbentuk seperti sumur di bagian dalam lambung. Kondisi ini menimbulkan gejala berupa nyeri perut bagian atas, cepat merasa penuh saat makan, nyeri lambung, sendawa, kembung, mual, dan muntah.

Gejala tukak lambung ini bisa diatasi dengan diet yang baik.


"Jadi, diet ini bisa membantu untuk pengobatan ataupun untuk mencegah agar tidak terjadi tukak," kata ahli penyakit dalam Profesor Abdul Aziz Rani dalam webinar beberapa waktu lalu.

Berikut anjuran pola diet yang tepat untuk penderita tukak lambung.

1. Jangan konsumsi makanan yang merangsang

Hindari makan makanan yang merangsang peradangan, seperti makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam.

2. Konsumsi tinggi serat

Makan makanan tinggi serat yang banyak terdapat di buah dan sayur. Makanan tinggi serat membantu proses pencernaan berjalan dengan lancar dan melindungi organ pencernaan.

Pilih pula yang makanan yang tinggi serat larut seperti oat, apel, dan wortel.

3. Konsumsi vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A baik untuk penyembuhan dan pencegahan tukak lambung. Vitamin A bisa didapatkan dari hati, wortel, brokoli, ubi manis, dan sayuran.

4. Konsumsi flavonoid

Flavonoid juga dapat membantu meredakan tukak lambung. Konsumsi minuman dan makanan yang mengandung flavonoid. Flavonoid banyak terdapat di teh hijau, bawang, dan bawang putih.

Terapkan pola diet ini untuk mengatasi tukak lambung.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK