7 Rempah untuk Hangatkan Tubuh Selama Musim Hujan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/02/2021 14:48 WIB
Terdapat sejumlah rempah-rempah yang bisa Anda olah jadi minuman menghangatkan di musim penghujan. Kayu manis dapat Anda olah menjadi minuman menghangatkan di musim penghujan. (Pixabay/stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hingga pertengahan Februari ini, Indonesia masih mengalami musim hujan. Di kawasan DKI Jakarta saja, hujan kerap turun deras hingga mengakibatkan genangan dan banjir di berbagai wilayah.

Udara dingin tak pelak bikin tak enak badan. Mungkin selimut saja tidak cukup menghangatkan badan sehingga perlu ada upaya menghangatkan badan dari dalam. Anda bisa mengandalkan rempah-rempah untuk mengusir dingin sekaligus menjaga tubuh dari incaran penyakit.

Rempah-rempah berikut bisa diolah menjadi minuman atau makanan supaya tubuh tetap hangat menghadapi musim hujan.


1. Jahe

Fresh ginger root on the wooden tableIlustrasi jahe. (iStockphoto/pilipphoto)

Siapa yang tak kenal rempah satu ini? Rasa pedas dan efek hangat yang ditimbulkan membuat jahe digemari untuk campuran minuman. Anda dapat menemui campuran jahe pada wedang ronde, wedang uwuh juga STMJ (susu, telur, madu, jahe). Bahkan Anda pun bisa membuat minuman jahe sendiri dengan merebusnya.

Jahe alias Zingiber officinale merupakan tumbuhan keluarga Zingiberceae. Brigite Mars, ahli herbal dan profesor di Naropa University, mengatakan jahe merupakan antioksidan dan antiseptik alami. Selain itu jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah di tubuh.

"Berendam dengan air jahe bisa menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan demam juga flu dan bisa dibuat dengan merebus 8 ons jahe dalam air sekitar 1,5 liter, rebus selama 2 menit lalu gunakan untuk campuran air berendam," jelas Mars dikutip dari Huffington Post.

2. Lada hitam

Mars juga menyarankan untuk memanfaatkan lada hitam guna menghangatkan tubuh. Selain menghangatkan, lada hitam juga berguna sebagai antiseptik maupun antioksidan alami. Anda bisa memanfaatkan lada hitam sebagai campuran masakan misal masakan daging juga tumis sayur.

3. Kayu manis

Aromanya yang khas membuat kayu manis digunakan sebagai campuran kue dan minuman. Mars berkata kayu manis pun mampu menghangatkan tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Jika secangkir kopi biasanya dinikmati dengan gula, kali ini ganti gula dengan kayu manis. Gunakan kayu manis bubuk atau kayu manis utuh dan campur dengan kopi panas. Selain hangat Anda bisa memangkas konsumsi gula harian.

4. Bawang putih

Ilustrasi bawang putihIlustrasi bawang putih. (Pixabay/condesign)

Bawang putih berpotensi menjadi vasodilator atau mampu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar. Saat aliran darah lancar, tubuh bisa bertahan di udara dingin. Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan sehingga tak ada salahnya memperbanyak bawang putih pada tumis atau sayur buatan sendiri di rumah.

5. Ketumbar

Bentuknya yang mirip, membuat ketumbar kerap dikira lada. Namun ketumbar memiliki ukuran lebih kecil dan warna lebih cerah. Meski kecil, ketumbar bisa membantu menghangatkan tubuh. Memang tidak memungkinkan mengonsumsi ketumbar secara langsung. Biasanya masakan Indonesia menggunakan ketumbar sebagai campuran bumbu atau sesederhana gorengan seperti tempe atau tahu goreng.

6. Kencur

Penggemar jamu tidak akan asing dengan jamu beras kencur. Tumbukan beras dan kencur menciptakan minuman yang enak dan menghangatkan. Kencur atau Kaempferia galanga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Alodokter, kencur bermanfaat untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, membasmi bakteri penyebab penyakit, meredakan nyeri dan peradangan, menangkal radikal bebas dan mengurangi stres.

7. Rosemary

Fresh rosemary isolated on white backgroundIlustrasi rosemary. (iStockphoto/dlerick)

Baik dalam bentuk kering atau segar, rosemary populer digunakan sebagai rempah (herbs) untuk kreasi kuliner teruatama kuliner Barat.

Dilansir dari Times of India, rosemary terbukti mampu melawan gejala alergi dan meredakan asma. Rosemary pun mengandung komponen antiinflamasi dan antioksidan.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK