5 Tanaman Hias Berwarna Merah, Beri Nuansa Terang dalam Rumah

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 09:42 WIB
Berikut 5 tanaman hias berwarna merah dapat menjadi rujukan untuk memberi nuansa berbeda di rumah Anda. Berikut 5 tanaman hias berwarna merah dapat menjadi rujukan untuk memberi nuansa berbeda di rumah Anda. (Foto: iStockphoto/deepblue4you)
Jakarta, CNN Indonesia --

Merawat tanaman hias telah menjadi kegemaran baru yang memberi banyak keuntungan bagi pemiliknya. Selain menjadi pengalih kebosanan, keberadaan tanaman hias bisa memberi sentuhan baru yang lebih mencerahkan.

Meski umumnya berdaun hijau, tapi warna lain seperti tanaman hias merah menyajikan nuansa yang berbeda.

Warna merah pada daun berasal dari pigmen yang disebut anthocyanin. Pigmen merah pada daun merupakan pigmen asam seperti yang terdapat pada buah ceri, anggur, dan kulit apel.


Berikut 5 tanaman hias merah dapat menjadi rujukan Anda dalam mempercantik sudut rumah maupun pekarangan.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias


1. Kastuba Merah

Ilustrasi bunga kastubaFoto: Kaboompics
Kastuba adalah rekomendasi tanaman hias berwarna merah

Tanaman kastuba mudah dikenali karena warna merahnya yang terang dan mencolok. Uniknya, daun merah kastuba akan menjadi hijau saat menua.

Tanaman ini cukup mempunyai banyak varietas seperti daun oranye, hijau, putih, dan sebagainya.

Daun kastuba berbentuk elips hingga bulat seperti telur dengan panjang berkisar 7 hingga 15 cm dan dapat tumbuh hingga 1,5 meter. 

Kastuba mempunyai nama julukan lain yaitu Poinsettia. Nama ini diambil dari Joel Roberts Poinsett yang pertama kali memperkenalkan Kastuba sebagai tanaman hias di Amerika tahun 1825.

Untuk membuat warna daun merah kastuba bertahan lama dibutuhkan perawatan yang memadai.

Kastuba merah harus disiram menyeluruh akan tetapi gunakan sprayer saat menyiramnya. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi pembusukan akar.

Pastikan terkena sinar matahari yang cukup di pagi hari, dan pindahkan ke dalam ruangan yang tidak mendapat cahaya.

2. Anthurium andraeanum

The red, heart-shaped flower of Anthuriums is really a spathe or a waxy, modified leaf flaring out from the base of a fleshy spikeFoto: iStockphoto/nitiphat jaranin
Anthurium andraeanum adalah rekomendasi tanaman hias berwarna merah

Anthurium andraeanum berasal dari keluarga araceae. Tanaman hias nyentrik ini masuk dalam kerabat tanaman populer seperti philodendron, keladi hias, aglaonema, dan alocasia.

Tingkat kesulitan merawat tanaman berwarna merah ini bisa dibilang susah-susah gampang.

Media tanam yang dipilih haruslah media tanam yang tidak menimbulkan genangan air akar akar tidak mudah busuk. Kemudian letakkan tanaman pada tempat teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari.

Penyiramannya juga perlu memperhatikan musim. Jika musim hujan tidak perlu terlalu sering disiram namun jangan biarkan air tergenang pada media tanam.

Sedangkan pada musim kemarau, lakukan penyiraman secara intens untuk menjaga kelembapannya.

3. Aglaonema Suksom

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias berdaun merah ini cukup populer dan digemari pada tahun lalu. Aglonema merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia dengan jumlah genus berkisar 30 spesies.

Daun aglaonema suksom memiliki warna merah terang yang menyala. Warna merah mendominasi hampir seluruh permukaan daun. Sementara warna hijau menjadi pemanis yang mengelilingi pinggiran daun.

Untuk perawatannya, siram secukupnya dengan menggunakan sprayer. Hindari meletakkan aglaonema terkena matahari langsung. Beri pupuk media tanam dua minggu sekali agar dapat tumbuh dengan baik dan menjaga kilau warna daun.

4. Mawar

Rose, Blume, Einzelne Blume, Pflanze, busch, vieleFoto: iStockphoto/deepblue4you
Bunga mawar adalah rekomendasi tanaman hias berwarna merah

Bunga yang dikenal sebagai simbol romantisme ini sangat disukai banyak orang. Selain warna yang cerah dan mencolok, aroma khas yang dikeluarkan bunga mawar menjadi salah satu daya tarik.

Bunga mawar dapat tumbuh di berbagai daerah dengan kondisi cuaca panas maupun dingin. Tanaman hias ini juga dapat ditanam pada media pot atau pun pekarangan.

Perawatan bunga mawar tidaklah terlalu sulit. Cukup meletakkannya di tempat yang cukup terkena matahari, terutama matahari pagi pukul 6 sampai 10.

Hindari menyiram mawar pada siang hari karena berpotensi membuat tanaman cepat layu. Sebaiknya siram saat pagi dan sore hari ketika tanah terasa kering.

5. Anggrek Phalaenopsis CC Red

[Gambas:Instagram]

Anggrek phalaenopsis cornu cervi (CC) red termasuk tanaman hias berwarna merah tua yang banyak dipelihara sebagai pemanis hunian Anda. Bentuk bunganya menyerupai bintang dan memiliki durasi berbunga cukup lama.

Merawat jenis anggrek bulan ini termasuk level sedang atau menengah. Gunakan media tanah seperti sabut kelapa, arang, kayu, atau potongan pakis menggunakan pot kecil yang transparan atau pot tanah.

Pada proses pemupukan berikan pupuk dekastar. Pupuk jenis ini mampu mempercepat pertumbuhan tunas dan merangsang pertumbuhan cabang.

Siram menggunakan sprayer secukupnya jangan sampai terlalu membasahi akar. Biarkan anggrek terkena cahaya matahari pagi akan tetapi hindari terkena sinar matahari langsung.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK