Moleknya Panorama Gunung Sumbing dari Silancur Highland

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 13:46 WIB
Magelang bukan hanya punya Nepal Van Java. Di sini juga terdapat Silancur Highland yang menawarkan wisata pegunungan. Magelang bukan hanya punya Nepal Van Java. Di sini juga terdapat Silancur Highland yang menawarkan wisata pegunungan. (iStockphoto/mdz fahmi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Magelang bukan hanya punya Nepal Van Java. Di sini juga terdapat Silancur Highland yang menawarkan wisata pegunungan.

Berlokasi di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Silancur Highland biasanya ramai didatangi oleh wisatawan yang hendak mengabadikan momen golden sunrise, alias terbitnya matahari dengan sinar kuning keemasan.

Perjalanan menuju Silancur Highland bisa dilakukan menggunakan mobil atau motor. Dari pusat kota Magelang, turis diarahkan menuju Pasar Bandongan. Dari sana, ikuti jalan sampai menuju Desa Mangli.


Pemandangan di sepanjang perjalanan bakal sangat apik, terutama jika sudah mendekati kawasan lereng Gunung Sumbing.

Untuk masuk ke kawasan Silancur Highland, turis wajib membayar tiket masuk Rp10 ribu per orang.

Sesampainya di sini, pemandangan gunung, persawahan, perkebunan, dan pemukiman warga bisa terlihat dengan jelas dari ketinggian.

Dianjurkan datang saat cuaca sedang cerah, sehingga warna pada foto atau video bakal lebih bagus. Pohon dan bunga yang berwarna-warni juga banyak yang mekar saat cuaca cerah.

Selain berfoto, turis yang datang juga diizinkan berkemah. Bermalam di dalam tenda sambil memandangi Kabupaten Magelang dari ketinggian tentu saja menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk berkemah, turis akan dikenakan biaya lagi Rp15 ribu per orang.

Bagi yang ingin datang sebaiknya kenakan alas kaki yang nyaman untuk jalan, karena lanskap tempat ini menanjak dan menurun.

Boleh juga membawa camilan untuk dinikmati di ketinggiannya, tapi jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya.

Janganlah memetik bunga yang sedang bermekaran di sana, karena akan merusak ekosistemnya.

Yang juga jangan dilupakan ialah protokol kesehatan pencegahan virus Corona, sehingga wisata di Silancur Highland tak memunculkan klaster baru penularan Covid-19.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]




(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK