Tips Diet ala Maria Vania yang 7 Tahun Tidak Makan Nasi Putih

tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 05:35 WIB
Maria Vania membagikan sejumlah tips diet yang ia jalani demi mempertahankan bobot tubuh, termasuk tidak makan nasi putih sejak 7 tahun lalu. Maria Vania membagikan sejumlah tips diet yang ia jalani demi memiliki tubuh ideal, termasuk tidak makan nasi putih sejak 7 tahun lalu.: Agung Pambudhy/ detikcom
Jakarta, CNN Indonesia --

Presenter Maria Vania membagikan sejumlah tips diet yang ia jalani demi mempertahankan bobot tubuh, termasuk tidak makan nasi putih sejak 7 tahun lalu.

Demi mempertahankan bobot tubuhnya, wanita yang kerap disapa Vania ini mengaku rutin melakukan olahraga serta mengatur pola makan. Sejak tidak lagi mengonsumsi nasi putih, Vania memilih mengganti sumber karbohidrat lain yang lebih sehat.

Pola makan yang dijalaninya ini terkesan sederhana tetapi itu harus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil nyata.


Berikut tips diet ala Maria Vania.

1. Tidak makan nasi putih

Vania mengungkapkan bahwa dirinya tidak lagi makan nasi putih sejak 7 tahun lalu. Namun, bukan berarti ia tak mendapat asupan karbohidrat sama sekali. Presenter berusia 29 tahun ini mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lainnya.

"Nasi putih itu glukosanya tinggi. Jadi bisa pilih nasi merah, ubi, kentang, jagung. Sama-sama karbo tapi lebih rendah glukosa," katanya kepada detikcom.

Selama tak makan nasi putih, Vania menambah asupan proteinnya seperti mengonsumsi ayam panggang dan daging.

Hanya saja untuk daging, Vania juga tetap mengatur porsinya. Baginya terlalu banyak makan daging pun tidak akan baik bagi tubuh.

2. Jalani puasa 16 jam setiap hari

Sehari-hari, Vania juga mengaku menjalani puasa 16 jam atau dikenal dengan intermediate diet. Vania menganggap cara ini ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Ia sampai saat ini tetap konsisten puasa 16 jam.

Di pagi hari, Vania akan mulai sarapan pukul 08.00 pagi, lalu dilanjutkan makan siang pukul 13.00. Pada sore harinya, ia akan makan camilan dan diakhiri dengan makan malam maksimal pukul 18.00 atau 19.00.

"Jam 16.00 waktunya aku makan buah-buahan. Habis itu aku enggak makan lagi, cuma boleh minum kopi hitam, teh tawar atau air putih. Baru makan lagi besok jam 08.00 pagi. Semua yang ada kalorinya enggak boleh," paparnya.

3. Olahraga rutin

Untuk membantu membakar lemak tubuh, Vania juga gencar melakukan olahraga. Berbagai jenis olahraga ia lakoni agar tubuhnya tetap bugar dan sehat.

Selama masa pandemi ini Vania banyak melakukan olahraga ringan di rumah. Gerakan-gerakan simpel dilakukan setiap hari agar ototnya tetap kuat. Beberapa aksinya saat olahraga juga kerap dibagikan lewat Instagram.

[Gambas:Instagram]

4. Minum smoothie saat sarapan

Meskipun punya pola diet ketat, Vania termasuk orang yang menganggap sarapan sebagai waktu makan penting. Ia tak pernah melewatkan sarapan karena jika tak sarapan justru makan siang akan dilakukan dengan balas dendam alias tak terkontrol.

Bukan nasi uduk atau ketupat sayur, Vania punya smoothie andalan untuk menu sarapannya yang terbuat dari buah apel dan pisang.

Dia mengatakan bahwa dengan konsumsi smoothie ini, berat badannya bisa turun 5 kilogram hanya dalam waktu 2 minggu saja.

5. Hanya makan sayur dan buah saat malam

Makan malam Vania berakhir pukul 18.00-19.00. Meski demikian, pilihan menu makanannya juga disesuaikan karena Vania hanya makan malam dengan sayuran atau buah.

Ia biasanya mengonsumsi pisang atau apel untuk mengganjal perutnya. Sesekali Vania juga memasak menu lain untuk makan malamnya.

Namun, makanan ini harus rendah kalori dan disantap tak lebih dari pukul 19.00.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK