4 Manfaat Kolagen untuk Kulit

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 08:00 WIB
Kolagen merupakan protein yang dikenal dengan banyak khasiatnya. Berikut manfaat kolagen untuk kulit. Ilustrasi. Kolagen merupakan protein yang dikenal dengan banyak khasiatnya. (iStockphoto/kitthanes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam beberapa tahun terakhir, nama kolagen kian populer. Protein satu ini dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaat kolagen untuk kulit.

Pada dasarnya, kolagen merupakan protein yang ditemukan di dalam tubuh manusia. Kolagen juga dianggap sebagai 'perekat'. Kolagen berasal dari kata Yunani 'kolla' yang berarti 'lem'.

Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan kolagen dalam jumlah yang lebih sedikit. Salah satunya ditandai oleh kulit yang menjadi kurang kencang dan kenyal.


Ada empat tipe kolagen. Masing-masing memberikan manfaatnya yang saling berbeda satu sama lain, mulai dari memberikan struktur pada kulit, tulang, jaringan ikat, gigi, otot, hingga pembuluh darah.

Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen kolagen menjadi populer. Sebagian besar terhidrolisis, yang berarti kolagen telah dipecah sehingga lebih mudah diserap.

Berikut manfaat kolagen untuk kulit, mengutip berbagai sumber.

1. Memperlambat penuaan

Kolagen adalah komponen utama pada kulit. Kolagen memperkuat kulit, memberikan elastisitas, dan menghidrasi.

Mengutip Healthline, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi keriput dan kekeringan.

Sebuah penelitian menemukan, perempuan yang mengonsumsi suplemen kolagen selama 8 minggu mengalami lebih sedikit kekeringan dan peningkatan elastisitas yang signifikan dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

2. Hidrasi kulit

Studi lain menemukan bahwa perempuan yang meminum suplemen kolagen selama 12 pekan mengalami peningkatan hidrasi kulit.

Peningkatan hidrasi kulit juga diikuti dengan pengurangan kerutan pada kelompok kontrol. Hal ini didapat karena kemampuan kolagen untuk menstimulasi tubuh memproduksi kolagen sendiri.

3. Menyembuhkan luka pada kulit

Sebagai protein alami, kolagen berperan besar dalam membantu penyembuhan luka. Anda dapat melakukannya dengan mengonsumsi suplemen kolagen.

Mengutip Femina, kolagen membuat luka tetap steril dan mencegah terjadi infeksi luka lebih lanjut. Kolagen mempercepat pembentukan jaringan granulasi atau jaringan ikat dan pembuluh darah mikroskopis yang terbentuk di permukaan luka selama proses penyembuhan.

4. Bahan bedah rekonstruksi

Kolagen juga banyak digunakan untuk tujuan medis. Misalnya saja operasi rekonstruktif yang menggunakan kulit buatan yang terbuat dari kolagen.

Manfaat kolagen tak hanya untuk kulit, tapi juga untuk beberapa masalah kesehatan lain seperti menurunkan berat badan, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan kesehatan khusus, meningkatkan kesehatan jantung, serta menjaga tulang tetap sehat.

(asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK